TOTO LINK EX200 - Tiga Belas Net
Tiga Belas Net

TOTO LINK EX200 Wireless N Range Extender adalah sebuah alat untuk memperluas sinyal atau jaringan wifi yang lemah sehingga menjadi sangat kuat, sebagai contoh di rumah kamu ada wifi yang routernya ada di ruang tamu, ketika kamu masuk kamar atau di ruang belakang atau di dapur sinyal wifi yang kamu dapat kurang bagus, nah alat ini adalah solusinya.

Saya membeli TOTO LINK EX200 ini di sebuah toko online dengan harga 120 ribu saja, karena saat itu lagi ada diskon dan gratis ongkos kirim, harga normalnya sih di kisaran 200 ribu.

Ketika paketannya datang, saya sempat kaget karena waktu pengiriman hanya dua hari saja, padahal penjualnya atau pengirimnya dari Jakarta, kalau paketan-paketan saya sebelumnya sih minimal 3hari paling cepat sejak orderan di proses, top dehhh pokok nya buat penjual dan jasa expedisi nya.

Langsung saja saya unboxing karena tidak sabar ingin melihat barang nya dan tidak sabar pula untuk mencobanya, box nya yang agak bongsor ternyata hanya berisi :

1. Unit alatnya yakni TOTO LINK EX200
2. Kartu Garansi + Buku Manual

Untuk unitnya saya suka sekali dengan desain nya,

Tampak bagian depan bertuliskan logo TOTO LINK, lampu indikator System, Tombol WPS, dan lampu indikator Extend.

Bagian belakang ada logo nya juga bertuliskan TOTO LINK dan pastinya ada jek untuk menghubungkan ke colokan listrik.

Untuk bagian samping kanan dan kiri tersedia Antena yang bisa di putar sampai 90 derajat, dan ada lubang-lubang kecil untuk ventilasi supaya tidak panas kalau di colok dalam jangka waktu yang lama.

Bagian atas terdapat informasi produk, info SSID username dan password default serta IP alat ini.

Dan di bagian bawah terdapat Port RJ45 atau port WLan dan lubang untuk Reset

Baca Juga :

Cara Mudah Mengganti Password Wifi dan Mengganti Admin Password Modem Indihome Fiberhome GPON ONU

Membuat User Trial Mikrotik dan Script Untuk Template Login Yang Sudah di Modifikasi

Membangun Jaringan Wifi Hotspot RT RW Net dengan Modal 1 Juta



Langsung saja saya tancapkan ke colokan listrik, dan lampu indikator menyala, kemudian saya ambil handphone dan mensettingnya,

Sangat mudah untuk menghubungkan TOTO LINK EX200 ini ke router utama,

Ketika saya menyalakan wifi di handphone, dan menyambungkan WIFI ke TOTO LINK EX200 ini, otomatis ada pop up yang menuju ke pengaturannya, atau menuju alamat ip nya, jadi saya tinggal menscan atau mencari WIFI yang akan di sambungkan atau akan di perluas jangkauannya.

Setelah nama wifi atau SSID wifi yang akan di sambungkan tersedia di pengaturannya, saya tingga mengeklik saja, kemudian tinggal isikan password dari wifi utama tersebut.

IP : 192.168.0.254
Username : admin
Password : admin


Dan di TOTO LINK EX200 ini ternyata bisa membuat SSID atau nama WIFI sendiri yang bisa di beri password supaya jaringan wifi yang di pancarkan tidak bisa di pakai oleh orang lain.


Selesai mensetting kemudian saya coba menjauh dari TOTO LINK EX200 ini dan ternyata jangkaunnya sampai jarak 3 rumah dari rumah saya, hebat ya Gan....

Oh iya saya sempat membandingkan dengan Extender Wifi yang sebelumnya saya punya, TOTO LINK EX200 ini lebih luas jangkaunny, mungkin karena terdapatnya antena External.


Kesimpulan :

1.Dengan harga yang relatif murah, alat ini mampu memancarkan sinyal wifi yang begitu luas.

2. Desain saya sangat suka.

3. Sangat mudah di settingannya di bandingkan dengan Extender Wifi saya sebelumnya

 Tiga Belas Net
Tiga Belas Net

 Tiga Belas Net
Tiga Belas Net

 Tiga Belas Net
Tiga Belas Net

 Tiga Belas Net
Tiga Belas Net

Tiga Belas Net

Untuk kamu yang sedang mencari Extender Wifi,  TOTO LINK EX200 saya sangat merekomendasikan.

Terimakasih sudah berkunjung, Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca Juga :

HUAWEI WS331c Wireless Range Extenter Unboxing Review dan Cara Pairing

Review Mikrotik RB750r2 hex Lite dan Cara Configurasi Userman Wifi Hotspot

Cara Mendaftar Berlangganan Indihome dan Wifi id Dengan Mudah

Tp-Link CPE 220 Configurasi Menggunakan PC dan Smartphone

108 Comments

  1. Gan ini bisa buat konek wifi id gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nyoba gan... jadi gak bisa mastikan bisa apa gak nya.

      Delete
    2. jarak saya dengan sinyal wifi sekitar 15m apakah alat ini bisa menarik sinyal sampai rumah sya gan?

      Delete
    3. Cek dulu di hp gan, dapat brapa baris sinyal wifinya, kalau dapat 2baris atau lebih, kemungkinan bisa, atau bisa lansung di coba, soalnya beda tempat beda rasa... Beda lokasi beda prestasi. Hehe...

      Delete
    4. Info untuk wifi id perangkat ini tidak mendukung. Krn tidak bisa.mengcloning mac address

      Delete
    5. Terimakasih sudah sharing pengalamannya gan.

      Delete
  2. bisa konek ke wifi yang open securitynya gak gan?

    ReplyDelete
  3. Colokan ethernet/RJ45 bisa dikoneksikan ke TV SMART BOX kah??

    ReplyDelete
  4. punya saya kok sering jd limited connection ya, padahal modem utama ga ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setting di mode apa gan... sejauh ini punya saya lancar.

      Delete
    2. Ok.. sy bantu jawab.. kamu bisa gunain option 1. Beri nama ssid berbeda dg utama(bedain 1 aja). Passwordnya sama gpp. 2. Sedikit geser lokasinya, agar lampu hijau. Bukan merah atau kuning.

      Delete
  5. Pemakaian hampir sebulan,sinyal sering putus,minta di on-off baru nyambung lagi. Padahal awal pemakaian lancar aja sinyalnya. Ada solusi gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reset totolink nya gan.. kemudian setting ulang.

      Delete
    2. Tusuk lubang reset gan, tahan kira2 10detik baru lepas nanti lampu indikator berkedip.

      Delete
    3. output powernya coba dikurangi jangan 100% mas

      Delete
  6. gan kalau alat ini dibuat untuk menangkap sinyal wifi yg lemah (pake HP sinyal wifi cuman 1 bar) apa alat ini bisa menangkap sinyal lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fungsinya memang untuk itu gan, yang penting masih dapat sinyal dari Access Point utama.

      Delete
    2. owh jadi gk harus deket sama wifi routernya. kira2 alat ini bisa menjangkau sinyal wifi radius berapa meter ya ?

      Delete
    3. kurang lebih 50 meter mas.. kalo los tanpa halangan bisa lebih

      Delete
  7. tetanggaku punya wifi dan suruh gunain. tp kalau aku akses dr rumahku sinyalnya cuman 1 bar kadang ilang. jarak antara tempatku dan router 18meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. tembak saja pake tenda n301 atau pakai tenda 03 outdoor.

      Delete
  8. bisa buat hotspot gak?.. maksudnya di gabungin sam mikrotik rb750

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa gan... karena port LAN nya bukan untuk port Access Point.

      Delete
  9. Gan saya udah coba ikutin petunjuk tapi ga bisa konek kenapa ya?
    Keterangannya tidak ada akses internet (tidak bisa tersambung otomatis)
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ulangi lagi gan... pastikan sudah benar langkah2 nya, kalo sudah terhubung ke Ruoter utama atau router utama pasti bisa ko...

      Delete
  10. Gan, kalo mati PLN, punya saya error', jadi harus di reset terus, punya agan gitu jg gak ya?

    ReplyDelete
  11. Jadi punya agan lsg bisa connect lg tanpa di setting ulang, TKS gan buat sharing nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya punya saya sekali setting gak perlu setting2 lagi gan... terimakasih juga sudah mampir dimari 👍

      Delete
  12. punya sya kok ga bisa conect ke totolink ya?

    ReplyDelete
  13. Pairing terlebih dahulu gan, pastikan langkah2nya sudah benar.

    ReplyDelete
  14. Gan yang port untuk LAN bisa connect ke DVR cctv atau desktop ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih bisa... saya sendiri belum mencoba. silahkan dicoba aja gan...

      Delete
  15. Izin bertanya mas,saya sudah seperti mas ajarkan dan berhasil tersambung ke WiFi induk ,tapi tidak dapat mengases internet . Malah muncul membutuhkan verifikasi..mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di reset lagi gan... dan ulangi setting dari awal, dan pastikan wifi induk yang di tembak jangan ilegal yah...

      Delete
  16. Bisa dikoneksi ke mifi tdk gan? Saya punya mifi huawei e5372, mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa... untuk memperluas jangkauan sinyal mifi gan.

      Delete
  17. Sudah bisa gan, koneksi ke mifi e5372 lancar, seluruh ruangan dpt sinyal wifi sekarang, terima kasih sdh berbagi ilmu gan, sukses untuk agan

    ReplyDelete
  18. Gan pnya saya udh bisa nyambung tp klu buat 2/lebih hp.. Kok ga bisa ya
    Kadang yg tdnya bisa conek jd ga bisa. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk nembak wifi voucher'an ya gan ? biasanya di batesi dari mikrotiknya.

      Delete
  19. gan info nya dong punya sy blm bs conect dsitu keteranganya slh di pswrd malah da keterangan hrs pake symbol.. Padahal pswrd yg sy masukan sama dgn pswrd wifi yg sy tembak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulangi kembali langkah2nya gan, kemungkinan ada yang kurang benar.

      Delete
  20. Masalah saya sama pada umumnya, sdh disetting sesuai petunjuk tetap tidak bisa buka internet yg muncul unidentified network No Internet Access. Sdh direset beberapa kali dan disetting ulang beberapa kali tetap hasilnya sama

    ReplyDelete
  21. Sempat nyoba dan berhasil,tp kok tiba² gak bisa,sinyal inetnya hilang,dan setelah di cek sama teknisi,katanya router utama ip nya ngelock sama extender,cara ngatasinnya gimana bos biar gak ngelock,dah 2 kali ngelock,blom brani make lagi,trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Router utama pake apa gan, punya saya aman sampai sekarang,

      Delete
  22. Halo, saya sudah ikuti prosedur nya. Tapi signal lampung kuning led nya tidak hidup itu bagaimana ya min? Router induk saya indihome.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba direset dulu dan ulangi dari awal lagi, pastikan langkah2 nya sudah benar.

      Delete
  23. Sy pake cuma di hp sy ga ke baca ya toto link nya di wifinya gan butuh pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mode repeater biasanya nama wifi nya (ssid) ngikut nama wifi yang utama gan.

      Delete
  24. Kalau jangkauannya bisa 3 rumah mungkin sekitar 50 meteran ya gan, kalua dipakai buat nonstop kuat ngak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kondisi los tanpa terhalang bisa nyampai 50 meter, nonstop kuat gan...

      Delete
  25. Lampu extend toto link saya kenapa mendadak mati ya gan? saya coba hidupin kembali lampunya hanya menyala sebentar kemudian mati kembali.
    Mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ko bisa bisa begitu Mas, coba di resset.. kalau masih sama brati ada komponen yang rusak.

      Delete
  26. habis ganti router baru indihome..dan gakbisa extendernya..sudah reset..tersambung tp status disconnect.. apa bener di protect? setelah lihat iklan indihome jual produk extender bayar 35rebu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek aja di pengaturan Modem indihome nya gan, di bagian network, AP isolasi nya jangan di centang... setahu saya asalkan settingan extendernya sudah benar tidak masalah sih....

      Delete
  27. Punya ku ex 200.. awal nancep ke stop kontak sinyal aman" aja bang.. tp stlh 1 hari nancep kok tiba" dari router cuma menerima alamat ip.. reset berulang" hasilnya sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba buat nembak ke router yang lain,

      Delete
    2. Modem utama.. tipe wlan nya pilih AES saja.. jangam TKIP &AES. Ini mempengaruhi extender utk mendapatkan IP

      Delete
  28. Can u use this ona tv android box with wfi from a moderm .will it stop the buffering like on movies .as for faster upload speeds

    ReplyDelete
    Replies
    1. can be for android tv, modem internet speed is the main effect

      Delete
  29. Gmn caranya buat nguatin sinyal WMS.. wifi.id.. Kok ga bisa ya gan ada solusi ga agan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksud agan sinyal wifi nya ke ruang belakang / dapur / kamar kurang kuat ? Di repeater saja gan, pake alat di atas juga bisa.. atau pake alat yang lain yang support repeater, banyak ko gan, taruh saja di area yang sinyalnya minim.

      Delete
  30. Jadi gini gan. Di tempat sys krja ada wifi dan sya bisa acces nya, tp hnya bisa di area kerja aj,
    Nah kebetulan saya tinggal di mess tempat sya kerja, jrak nya kurang lbh 50 meter, kira2 supaya sya ttap dpt sinyal wifi dr tmpat kerja sya ke mess, bisa gak gan pkai alat ini ? Atau ada tambahan alat lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tenda o3 atau totolink cp300 aja gan...

      Delete
    2. Bos mau tanya sy beli repeater totolink model rh300 mh stelah mengikuti konfigurasi yg ada kok ttp gak mau conect knp ya jarak dri area wifi utama skitar 60mtr

      Delete
    3. 60 meter masih dapat sinyal gak gan ??? Disarankan kalau mau repeater minimal dapat sinyal 2bar atau 40% , jika tidak mendapatkan sinyal sama sekali ya ga bakalan bisa... Agan beli aja access point outdoor untuk nembak....

      Delete
  31. Ex200 punyaku kok sinyalnya putus putus terus ya bos,dah coba di rest berulang kali tetep aja tiba² disconnect,dari awal pemakaian aman gak ada masalah sampai beberapa bulan,tp sekarang kok tiba² kaya gini ya,solusinya gimana bos....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah direset masih sama kemungkinan besar rusak mas, solusinya lemburu... Heheee

      Delete
  32. Kalo di matikan tinggal dilepas dari stop kontak aja kan? (pertanyaan apa ini 😅😅, maaf masih aaam soal ini, dan kekhawatiran saya hanya disitu 😆😆)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan... Tinggal cabut aja dari stop kontak, hehee... Makasih ya sudah mampir....

      Delete
  33. Jarak totolink ex200 sampai berapa meter om

    ReplyDelete
  34. Jarak totolink ex200 sampai berapa meter om

    ReplyDelete
  35. Gan klo buat wifi utama (lgsung clokin lan ke port rg45 nya) gmn? Soalnya lgsf konek otomatis gk minta mssukan pw
    Sama gk bisa pop-up otomatis k menu totolink buat setting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat wifi utama maksudnya untuk access point ya gan ??? Sepertinya tidak bisa.

      Kalau gak otomatis lari, manual aja masuk ke browser ketikkan ip defaultnya.

      Delete
  36. Boss saya sebelum beli baca tentang totolink ex200 katanya 100Meter,,,setelah saya beli kok 50meter aja gak nangkep eifi induk ke totolink,,,kan berarti bohong klo bilang kejauhannya 100meter

    ReplyDelete
  37. Boss saya sebelum beli baca tentang totolink ex200 katanya 100Meter,,,setelah saya beli kok 50meter aja gak nangkep eifi induk ke totolink,,,kan berarti bohong klo bilang kejauhannya 100meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu cuma kira2 saja sih, kondisi lapangan tentunya sangat mempengaruhi, halangan bangunan rumah dan pepohonan. Kalau kondisi LOS tanpa halangan mungkin bisa sampai 100m.

      Delete
    2. hehehe.....klo 10-20 tahun yang lalu mngkin bisa mas sampe 100m mungkin lbh, mungkin sekarang soalnya di freq 2.4 sudah banyak yg make jadi pada tempuk sinyalnya akhirnya mengurangi range

      Delete
  38. jika totolink ex200 ini dicolok terus menerys apakah tidak masalah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah sih, namun lebih baik sesekali di istirahatkan gan, 2 hari sekali atau seminggu 3 kali. terserah pengguna saja sih.

      Delete
  39. Numpang bertanya. Terus terang posisi colokan listrik di rumah saya kurang strategis karena dulu ingin menghindari penampakan kabel-kabel yang awut-awutan di colokan. Tapi ketika memerlukan extender semacam ToyoLink ini malah jadi ribet.

    Menurut pengalaman anda apakah produk ini antenanya bisa dilepas lalu kita perpanjang sendiri antenanya lewat kabel coaxial?

    Mengingat ada dua antena, apakah satu antena dibedakan sebagai penerima dari AP dan yang lain sebagai pemancar SSID baru?

    Jika benar 2 antena dibedakan sebagai AP dan SSID apakah dijelaskan entah di manualnya ataupun di setelan softwarenya? Jadi saya bisa ulur sedikit kabel untuk menangkap sinyal dari LOS yang tepat lalu ulur kabel lagi ke kamar berdinding tebal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antena tidak bisa dilepat gan, kalau di modifikasi mungkin bisa, saya sendiri kurang tau sisi antena untuk tangkap dan sebar atau satu donload satu upload (rx-tx), silahkan dikreasikan sendiri gan. hehe

      Delete
    2. Terima kasih atas ulasannya. Sudah saya beli dan kinerja antena aslinya lebih baik dari yang saya kira. Jadi tidak perlu merubah antena tambahan. Modifikasi Hanya saya tambahkan heatsink dan kipas supaya bisa bekerja 24 jam penuh. Foto di https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/600/attachment/2020/1/6/34682238/34682238_1cd5a84f-7338-47b7-9c9a-f77062fbdadb.jpg

      Delete
    3. Wah mantap... Terimakasih sudah berkunjung gan.

      Delete
  40. Mau nanyak ni gan,saya ada beli totolink ex200,didekat rumah saya ada WiFi sekitar jarak 35 meter,signalnya nyampai ke rumah sekitar 2 balok,apa bisa ya pakai totolink ex200?bagaimana ya caranya,saya coba praktekin melalui buku panduannya,kok ngak berhasil,apanya ygsalahya,tolong dong solusinya.di tunggu lho.terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wifi siapa yang mau ditembak gan, tau password-nya gak ?

      gampang kok, tinggal ikutin petunjuk di buku manual aja... tinggal next next doang gan...

      Delete
  41. Mau bertanya, saya menyambung WiFi tetangga menggunakan extender Totolink EX200 dan bisa terhubung ke android saya , tapi saat saya memindahkan Totolink ke tempat colokan yang baru saat alat ini saya pasang WiFi nya tidak dapat terhubung lagi, lalu saya reset dan setting ulang hasilnya WiFi saya muncul namun tetap tidak bisa terhubung ke hp saya . Bagaimana caranya agar dapat terhubung kembali ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba setting kembali dari awal, kalau bisa di dekatkan dahulu ke router sumber wifi yang di tembak, waktu agan memindahkan ke colokan baru kemungkinan banyak halangan seperti tembok dll, jadi itu mengganggu koneksi ke router yang di tembak.

      Delete
  42. Mengapa setiap saya habis dari luar saat kembali ke rumah jaringan WiFi tidak mau terhubung lagi ke hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah tidak enaknya repeater, biasanya susah mendapatkan ip dari sumber wifinya jadi tidak otomatis terhubung.

      Delete
    2. Tipe WLAN modem utama pilih AES saja. Jangan ada yg tkip nya sgala. Jika sudah.. submit.
      Lalu setting ulang totottt Link nya.. semoga bisa membantu. Karena kalau pakai tkip.. mwmbuat alat tetotlink nya sulit mendapatkan IP

      Delete
  43. Bang kalo router gak bisa detect wifi ap gimana padahal dari hp bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek Frequensi, wifi sumber frequensi 2,4 apa 5Ghz ? kalau 2,4 router yang buat nembak harus 2,4, dan sebaliknya. atau kalau sudah sesuai namun tidak terdeteksi, coba rubah channel di sumber wifinya, atau bisa juga ubah pengaturan negara di router penerima.

      Delete
  44. gan saya konek pake kabel lan dari router indihome,yg saya tanya gimana ganti ssid sama password nya yg default kan TOTOLINK EX200 dan tanpa password

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gakm pake mode extender

      Delete
    2. Masuk ke pengaturannya aja gan, cari kemungkinan ada, saya tidak bisa menjelaskan, karena alatnya sudah tidak ada. Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  45. Gimana Cara Mengatasi Ganti Pasword Tanpa Ngeriset Routernya Gan.?
    EX200

    ReplyDelete

Post a Comment