Wifi.id dan Seamless biasanya selalu bersamaan, yup karena keduanya memang berada pada satu access point, yaitu access point milik Telkom. Jika anda dirumah memasang Wifi.id (WMS) ataupun WICO maka SSID @wifi.id dan seamless@wifi.id pastinya ada, dan pada artikel kali ini saya akan berbagi cara menembak wifi.id dan seamless menggunakan modem dd-wrt.

Untuk menembak ssid @wifi.id sebenarnya tidak perlu menggunakan modem dd-wrt, karena wifi.id tidak memerlukan keamanan PEAP-EAP, lain halnya dengan ssid seamless@wifi.id yang memakai keamana PEAP-EAP sehingga saya menggunakan modem dd-wrt.

Sebulan yang lalu sengaja saya membeli modem TP-Link MR3020 yang sudah saya upgrade ke firmware dd-wrt, karena kebutuhan saya untuk menembak seamless@wifi.id yang membutuhkan keamanan PEAP-EAP (firmware originalnya sama seperti modem-modem yang lain, tidak support peap-eap), mungkin bagi anda yang sedang mencari modem untuk kebutuhan yang sama seperti saya, TP-Link MR3020 mungkin pilihan yang tepat untuk di upgrade ke dd-wrt.

Baca Juga :  Cara mengatasi wifi laptop atau komputer tidak mendeteksi SSID @wifi.id, seamless, dan flashzone

Ooh iya lansung saja ke pembahasan, saya anggap anda sudah menggunakan modem dengan firmware dd-wrt, dan berada pada pengaturan awal.

1. Masuk ke menu setup dan pilih connections tipe Automatic Configuration-DHCP, kemudian kebawah, aktifkan DHCP Server dan klik Save



2. Masuk ke menu Wireless dan pilih mode Client, atur nama SSID, centang advanced setting dan pilih negara, Save dan Apply Setting


3. Selanjutnya ke menu Status dan masuk ke menu Wireless, kemudian klik Site Survey



4. Maka akan muncul beberapa ssid wifi yang ada di sekitar anda, nah disini yang akan di tembak adalah ssid @wifi.id dan seamless@wifi.id pilih salah satu ya gan, misalkan wifi.id maka klik Join di wifi.id


5. Klik Continue, dan otomatis masuk ke menu Wireless kemudian klik save


6. ke menu Wireless Security, jika nembak @wifi.id maka Security Mode nya pilih Disabled, dan jika nembaknya seamless@wifi.id maka pilih 802.1x dan masukan user password akun seamless anda



7. Sampai disini sebenarnya sudah selesai, langkah selanjutnya jika anda ingin membuat koneksi wireless pada modem dd-wrt nya maka masuk lagi ke menu Wireless, dan klik Add di Virtual Interfaces, dan atur SSID yang anda inginkan kemudian untuk mengatur keamanannya masuk lagi ke menu Wireless Security.


Selesai.... dan Semoga bermanfaat buat sobat yang baru bermain modem dd-wrt.

Baca Juga :  Mikrotik hAP AC2 RBD52G-5HacD2HnD Konfigurasi Dasar Untuk Tangkap dan Sebar Wifi


Jika ada pertanyaan ataupun sharing tentang modem dd-wrt nya silahkan tuliskan saja di kolom komentar. Terimaksih telah berkunjung.


182 Comments

  1. Tenda O3 bisa gk bos buat nembak seamless?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau firmware nya sudah di modif openWRT atau DDWRT bisa gan, tapi kalau masih bawaan tidak bisa, karena firmware bawaan nya tidak mendukung EAP-PEAP.

      Delete
    2. Gan, punyaku setingan udah sesuai semua, tak cek client dapet ip dari akses point, tp nge ping ip akses point rto. kenapa ya?

      Delete
  2. Itu jarak tembak maksimal berapa kak??
    Rencananya saya mau tembak wifi id seamless.
    dari rumah ke telkom sekitar 500-700m.
    Apakah bisa? Dan alat yg saya butuhkan apa saja?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake TL MR3020 untuk nembak jarak dekat gan, kebetulan dirumah pasang WMS, saya tembak dan saya masukan ke Mikrotik, kalau untuk nembak jarak jauh cari yang outdoor kaya Ubiquiti Litebeam M5 atau diatasnya yang sudah support EAP-PEAP dan biar stabil nembak nya yang SSID 5G nya.

      Delete
    2. Boleh minta cara setting yang lengkap untuk nembak wifi.id atau WMS pakai litebeam m5? Alat apa saja yg diperlukan selain itu? Terima kasih

      Delete
    3. Kebetulan belum pernah pake LB M5, untuk menangkap pake mode station, atau wisp kemudian di teruskan ke router atau access point lagi di bawah untuk memancarkan,

      Delete
    4. MR3020 nya Bisa nangkep dan sebar kah ?

      Delete
    5. Bisa... MR3020 nya sudah di instal DDWRT jadi lebih mantap.

      Delete
  3. Mas apa sampai awlarans masih bisa wms di jadikan sumber internet rt rw net...?

    ReplyDelete
  4. Mas apa sampai sekarang masih bisa wms di jadikan sumber internet rt rw net...?

    ReplyDelete
  5. Gan numpang tanya. Di tempat saya ada fasilitas dari pemkot berupa wifi gratis menggunakan wifi.id telkom. Utk konek nya ga perlu password, tapi begitu connection established kita harus klik continue dlu di pop up laman yg muncul. Nah apakah SSID ini bsa di extend pakai cara seperti di artikel ini? soalnya klo dari rumah saya signal nya lemah. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di extend gan... Untuk landing page memang ada pilihannya, mau setting yang user password, atau mau yang password aja, atau juga ada yang hanya klik Lanjutkan. Tergantung dari yang nyetting nya.

      Delete
  6. biar bisa auto login pada mikrotik bagaimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai akun seamless gan, sekali login gak perlu login2 lagi.

      Delete
  7. di wireless security gag ada 802.1x, solusinya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. om suhu. ini saya sudah rubah regulatory domain juga gak muncul om hu. gmna ya

      Delete
    2. Kurang tau mas, mungkin versi DDWRT nya...

      Delete
  8. Boleh minta tutor lengkap untuk menyebar sinyal WMS di toko agar jangkuannya lebih luas, lumayan harganya kalo sewa 2 AP langsung dri telkom
    Untuk router saya udh beli tenda ac7, tapi bingung cara settingnya, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. Mas, cara nembak wifi.id @indihome rumahan yg ga pake pasword caranya gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wifi.id @indihome yang kaya apa yah gan, kalau untuk nembak baik wifi ataupun hotspot pake mode wisp, kalau pake password harus tau passwordnya, kalau hotspot harus tau username dan password hotspot tersebut, kalau wifi.id harus punya akun atau voucher wifi.id

      Delete
    2. Untuk repeater yang recomended apa ya kak? Soalnya sinyal di rumah gak dapet tapi depan rumah dapet solusiny gimana ya kak?

      Delete
    3. Untuk alat repeater banyak, contoh nya Totolink EX200, tenda F3, Tp Link WR840N dll, maaf tidak bisa merekomendasikan karena keadaan lapangan berbeda-beda, jadi silahkan di kreasikan sendiri.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nembak venue wms security nya disable atau 801x1 pak pake ddwrt, biar port lan nya router bisa di pake akses internet ke komputer (disebarin lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau venue ga perlu aktifkan 801x1, kecuali untuk nembak @seamless yang butuh security EAP-PEAP.

      Delete
  12. Oh.. gitu ya gan makasih gan infonya.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Mas mau tanya, Apakah akun wms bisa digunakan untuk login seamless yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, akun WMS (venue) konek nya harus ke SSID WMS (venue) atau SSID pribadi yang dari WMS, begitu pula dengan akun Seamless, bisa koneknya ya cuma di SSID seamless@wifi.id

      Delete
  15. Om minta sarannya mau nembak seamless@wifi.id jarak 700m alat tempurnya apa saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AP seamless nya indoor repot gan, walaupun alatnya mampuni nanti gak bisa tidur nyenyak.

      Delete
  16. gaaaan,,😇mohon info,,saya baru pasang wms 20mbps,kenapa stb b860h unlock,root kok gk bisa konek,padahal stb saya pakai di first media lancar,,di first media muncul masukan pasword,sedangkan di wms 20mbps,gk muncul,langsung tersambung,tapi gk bisa buka youtube,,,kalau bisa infokan di wa saya gaan,entar pasti saya ganti pulsa,PASTI,,
    WA >081944910643
    makasiiih ttg yaaa gaan,ttg segera jawabannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih belum pernah mainan perangkat STB ya gan, tapi mudah2an ini solusinya, wms itu systemnya hotspot, jadi tidak terkunci ketika menyambungkan, namun setelah terhubung ke SSID wms agan perlu memasukan username dan password WMS nya, jadi kalau STB sudah tersambung ke SSID wms, agan tinggal masuk ke aplikasi browser ( google chrome atau operamini dll) kemudian ketik 8.8.8.8 nanti masuk ke Landing page WMS dan silahkan lagin menggunakan user dan password WMS agan. Semoga bisa membantu.

      Delete
  17. karena saya juga perlu tutor lengkap cara menambah router di wms ,untuk rumah sebelah,,makasiih,ttg
    saya akan tepati janji,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mudah gan, agan tinggal beli router atau access point dan hubungkan access poit tersebut menggunakan mode WISP.

      Delete
    2. persis sama kasus agan "biasakan" tapi AP nya kurang kuat nembus tembok rumah, ada rekomen merek yg bagus untuk ap tambahannya ga gan?

      Delete
    3. AP untuk nembak ya gan ? Rekomen sih beli yang 5Ghz, nembak nya ke venue yg 5Ghz juga.

      Delete
  18. Kalau Posisi kita jauh belum Masuk Internet Kabel gimana ya gan,Apa bisa Nembak juga?
    Trus apa nggak perlu Mikrotik?
    Ingin buat Hotspot dan kalau perlu Rt Rw Net
    Saat ini saya pakai Router Paket Kartu Seluler Tsel,sepertinya Kemahalan...
    Thanx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jauh dari AP wms susah gan, oh iya untuk membuat RTRW net yang utama agan siapkan dulu koneksi internet nya, kalau internet sudah ada baru agan siapin alat2nya.

      Delete
  19. Bang kalo kalo masukin user pass lewat settingan kayak abang posisi yg saya tembak wifiid apa harus login via landing webnya lagi, ato ini settingan khusus seamless mksih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus seamless, untuk wifi.id berbeda lagi untuk security nya tidak perlu di setting, dan pastinya login via web browser.

      Delete
  20. ada sript autologin wms untuk ddwrt gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini mas saya punya miktorik rb750r2 nah itu mau saya buat internet generate voucher,di mikrotik rb750r2 kan gk ada WLAN tuh jadi saya harus login wms dulu di ddwrt router manual setiap hari pegel mas...dan anehnya kalo coba login WMS lewat mikrotik secara manual selalu page error itu kenapa y? pusing saya dari kemaren.....

      Delete
    2. Sama gan, dulu saya juga gitu, saya kira bisa, nembak venue pake ddwrt kemudian sett auto loginnya di mikrotik.. eh scriptnya gak jalan, jadi saya ganti mikrotik yang ada wirelessnya. Untuk gagal login venue wms sih gampang gan tinggal ganti mac address wlan yang buat nangkap.

      Delete
  21. Maaf tanya gan.. Apa bisa wms sebagai sumber internet tinggal untuk rtrw net? Soalnya menurut mastah2 di tempat tinggal saya harus berdampingan dengan indihome... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan, kalau untuk game mungkin banyak yang pakai indihome untuk di kususkan buat port game... saya sendiri cuma pakai wms, dan buat game pun minim lag (game android ringan ML, FF dll)

      Delete
  22. Halo gan, saya mau tanya
    itu kan yg mas terangkan diatas kalau mau di share melalui wifi, kalau mau dishare melalui LAN gmana ya mas config nya??
    Terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Settingan di atas LAN sudah bisa digunakan mas, untuk tipe modem yang berbeda kemungkinan juga sama, kalau tidak sama coba utak atik di menu interface nya.

      Delete
  23. brrti otomatis Eth nya berubah jadi swithc ya mas??

    ReplyDelete
  24. gan saya nyoba pertama berhasil lancar habis itu tiba2 diskonek saya cek ternyata ssid dadi wifi id statusnya hidden semua. apa saran?

    ReplyDelete
  25. Bertanya mas.
    Di rumah saya nongol SSId @wifi.id dan @flashzone-seamless dan terindikasi punya tetangga saya (jumlah sinyalnya sama dengan SSID dia) tapi herannya dia ga punya usaha dirumah jadi sepertinya ga mungkin bisa pasang wifi.id. pertanyaan saya itu SSID asli apa palsu ya bang trus apa bisa digunakan untuk login wifi.id / flashzone-seamles? Karena saat saya login di @wifi.id langsung menta Key bukannya terhubung dan juga ga bisa masuk ke landing page nya Indihome. Dan untuk Flashzone-seamless nya apakah bisa menggunakan username yang kita daftarkan baik secara add on atau pembelian di wifi.go? Terima kasih

    ReplyDelete
  26. * Untuk pasang wifi.id tidak harus punya usaha gan, pasang aja wms (wifi.id managed service)

    ** Untuk SSID flashzone per 1 Februari 2019 sudah tidak bisa digunakan, dan SSID akan hilang secara otomatis by system, kalau samapai sekarang masih ada kemungkinan belum terhapus

    *** Untuk SSID @wifi.id ada landing page / login page, karena sistemnya hotspot, jika ada key nya pas akan menghubungkan kemungkinan besar SSID wifi.id palsu atau bikinan sendiri.

    **** Untuk SSID seamless@wifi.id key nya menggunakan EAP-PEAP pas awal akan menghubungkan.

    ***** Sebelum membeli akun wifi.id atau akun seamless, sebaiknya pastikan terlebih dahulu itu SSID wifi.id asli atau bikinan sendiri.

    ReplyDelete
  27. Ddwrt ada fitur lock Ap g mas? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak ada gan, sudah gak pake ddwrt jadi gak bisa ngecek 😁🤭

      Delete
    2. jadi skrg pakai nya apa mas??
      maaf saya banyak tanya soalnya baru pasang WMS untuk dirumah mas.hehehe

      Delete
    3. Untuk tangkap pakai Mikrotik hAP ac2, dan sebar kembali pakai Access Point Totolink Cp300 dll.

      Delete
  28. Assalamualaikum mas,bisa ga ssid seemless Dan wifi Id di hide atau hanya Saya yg bisa konek? Mau buat rt rw net di rumah, to klo ssid Dr telkom nya muncul ntar pada konek kesitu bang bukan ke usaha rt rw net Saya...hee. Mohon jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... Untuk hidden ssid wifi.id dan seamless silahkan tanyakan ke web wifi.id mas, saya sendiri malah pakai ssid seamless nya, ssid pribadi malah saya anggurin. dan untuk mengantisipasi tetangga pada konek ke ssid tsb, saya tempatkan AP wms nya biar kiranya tidak memancarkan jauh, misal mengahadap kebawah atau bisa juga taruh di ruangan tertutup, begitu mas kira-kira. Semoga bermanfaat.

      Delete
  29. Mas mau nanya. Sy rencana mau nembak seamless pake cpe220. Kl beli id id nya dr telkom kan keterangan nya 10rb/device. Nah kl sy nembak trus sy sebarin lg. Device2 yg lain tetep bs terkoneksi ke internet kah gan. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan cukup satu akun untuk satu kampung... Hehe

      Delete
    2. Maaf mau tanya saya pake cpe220
      Topologi cpe Ada @wifi.id wifi id Cisco asli udah pernah bisa login pake hp,cuma tiba tiba ssidnya dihidden...klo nembak pake cpe 220 apa harus diinstal dulu mode dddwrt?atau bisa pake firmware bawaan?
      Setting-nya sama caranya?
      Saya udah masukkan manual Mac address ap @wifi.idnya + ssid namenya tapi tetep gak konek...
      Topologi: WiFi id>cpe220 >kabel stp 10m>poe>modem Huawei hg8245a >kabel lan 3m>PC

      Delete
    3. Wah baru tau saya gan, kalau SSID wifi.id bisa di hidden, yang saya tau di hilangkan iya dari AP WMS.

      dan saya gak pernah nembak pakai cpe 220, jadi mau jawab susah gan, takut salah. Hehe

      Biar tidak menjadi buruk sangka, coba agan samperin AP cusco nya, benar2 di hidden apa di hilangkan (hapus) dari AP WMS.

      Delete
  30. Ada no. WA bang...? Mau tanya" biar lebih enak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor wa ada untuk jasa setting mikrotik gan... Untuk pertanyaan-pertanyaan lainnya share disini saja. Hehe

      Delete
  31. halo mas mau tanya lagi
    klo kita pakai HP atau laptob apa memang cmn maksimal speed nya hanya samapi 50Mbps ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin wifi hpnya masih 2,4Ghz, coba pakai yang udah support DualBand 5Ghz... intinya tergantung dari perangkat yang dipakai juga, dan AP dari wifi.id di limit apa gak, kondisi lapangan juga menentukan, lagi banyak yang pakai apa gak... Kira-kira begitu.

      Delete
  32. apa bisa wms diakali biar bisa conect dengan kabel lan bosku...

    ReplyDelete
  33. Gan tanya nih, tplink wr841n ddwrt support channel 13 ndak y? mau join ke seamless tp kok ndak muncul ssidnya? kl di komputer sama hp muncul dan bisa dipakai... atau ada pengaturan khusus?
    makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan belum pernah pakai modem tersebut jadi gak tau,

      Delete
  34. Om saya nangkap sinyal wifi id pakek mikrotik rb931 hap mini,, cuman masuk welcome page..
    Waktu login ada tulisan login gagal..4
    Apa masalahnya ya om..?

    Trims

    ReplyDelete
  35. bos posisi dimana ya? kalau mau minta jasa seting mikrotik gmn? saya usaha perhotelan dan ada pasang wifi.id sendiri, trus krn sinyal ny ga nyampe di beberapa kamar rencana mau tambahin akses point, apa bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di pemalang jateng Bos... Kontak saja di menu Conntac Blog ini, atau bisa langsung WhatsApp : http://bit.ly/RAGILMD

      Delete
  36. Sdh ikuti tutor dan user password sdh benar tp kok tdk mau connect ya. Cek di mac address perangkat tambahan msh 0000000 (not aktif)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nembak apa nih gan, wifi.id atau seamless ???

      Delete
    2. Seamless om, jd ket WAN di ddwrt status msh 0000 alias blm connect pdhl user pass bener dan dhcp jg sdh

      Delete
    3. Seamless om, jd ket WAN di ddwrt status msh 0000 alias blm connect pdhl user pass bener dan dhcp jg sdh. Klo AP atau Router lain yg support apa ya yg dr ubnt

      Delete
    4. Pastikan akun seamless nya belum login di perangkat lain ya gan,

      Untuk produk ubnt kayaknya support PEAP gan, jadi support untuk login seamless.

      Delete
    5. Waduh... Login pertamanya di HP saat mendaftar tuh. Jd 1 device hp, maksudku device 2 router ini bisa gak

      Delete
  37. Replies
    1. iya tinggal di atur di apk my indihome nya, kalau gak di atur 1 akun satu perangkat. Jika sudah login di perangkat satu, perangkat lain tidak bisa menggunakan akun tersebut, harus di reset di apk my indihome nya gan, mac address yang udah nyangkut.

      Delete
  38. Maaf mas nanya lagi
    Boleh info merk dan type wifi receiver yg benar2 bisa narik full speed 100mbps nya seamles? Saya masang wms drmh dan yg pakai seamles nya cmn saya sendiri, tp speed nya cmn 46mbps.
    Terimakasih mas bantuan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alat yang sudah 5Ghz aC, saya pakai Mikrotik hAP ac2, untuk tangkap.

      Delete
  39. Jarak 100m dr rumah ada kafe dgn fas. wifi.id.. tp di kompleks bnyk bangunan tinggi. Kos dan Sekolah (3 lantai). Konfigurasi di airlink ketinggian 40m.

    Untuk nyaman nembak wifi.id apa yang harus di persiapkan untuk tangkap-sebar wifi nyam trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau access point yang di tangkap ada di dalam ruangan susah gan... Kalau bisa point to point, agan pasang alat untuk tangkap di deket cafe tsebut, pancarkan lagi dan tangkap lagi dari rumah.

      Delete
  40. request kak,, cara konek seamless menggunakan openwrt
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah gak mainan openWRT mas, beralih ke mikrotik... Hehe

      Delete
  41. berarti kalau SSID venue mau di pancarkan ulang cukup beli router yg ada wisp ya mas? Soalnya model rumah saya memanjang. AP di taruh didepan tengah lemah, belakang blank, taruh di tengah, depan dan belakang lemah.

    ReplyDelete
  42. Mas kalau mau nangkap wms mending pake router wisp biasa atau mikrotik ya? Bedanya apa? Rencana mau tak bagi2kan ke tetangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan... Beda di settingan dan fiturnya, kalau untuk produk Mikrotik lengkap support PEAP untuk login seamless.

      Delete
  43. Maksut dari akun flashzone-seamlees tu gmn gan? Dan pa kah isa di tarik ma tenda n301??
    Mohon di bimbing..masi pemula jgn di buli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. flashzone seamless sejenis wifi.id namun sudah tidak bisa dipakai lagi sejak 1 februari 2019.

      Delete
  44. MAU TANYA SAYA PAKE TPLINK WR840N SETELAH MASUK KE WELCOME PAGE NYA WIFI.ID SETELAH MASUKAN KODE DAN PASS VOUCHER SELALU DITOLAK APA ADA PERBAIKAN SISTEM DI WIFI.IDNYA ? SOALNYA SEBELUMNYA LANCAR2 SAJA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan Mac Clone di pengaturan TP Link WR840N nya.

      Delete
  45. Malam om, mau tanya cara wisp atau bridge WMS itu harus dengan router udh ddwrt apa router biasa udh bisa? Krn saya coba pakai router tenda yg outdoor dan indoor dengan mode wisp, tetap tidak dpt login ke welcome page
    Mohon tutorial lengkap untuk tangkap dan sebar WMS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih pakai mode wisp bisa gan, kalau gak keluar login page kemungkinan sinyal yang diterima kurang bagus, dulu sebelum saya pakai seamless nya juga pakai venue wms nya, walaupun harus login sehari sekali, untuk tutorial nya ya tinggal next next aja... Sampai selesai.

      Delete
  46. gan saya nembaak seamles@wifi id,,,mau makai tenda 03 gimana ya caranya soalnya ada dapat sinyalnya di laptop tapi langsng minta sandi,,,,
    apakah semales tersebut bisa saya konekan,,,terima kasih gan mohon penceraahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seamless itu menggunakan metode EAP-PEAP gan, jadi nembaknya pun harus pakai alat yg support security EAP-PEAP, untuk tenda o3 tidak support.

      Delete
  47. satu lagi gan jika seamless wifi id apakah ada yang palsunya ,,soalnya ke deteck cuma seamless nya aja...daan langsng minta key/passwrd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa aja gan, misal agan punya router atau access point, SSID di kasih nama seamless@wifi.id... kan orang2 yang lihat dikira seamless beneran, yang membedakan ya itu kalau beneran menggunakan metode security nya PEAP, kalau palsu atau bikinan ya biasanya kaya wifi2 biasa WPA2...

      Delete
  48. Om saya sudah ikuti semua petunjuk seamless diatas, tetapi saya tidak mendapatn wan ip
    Masih 0.0.0.0
    User dan password udh 2x beli baru tpi tetap wan ip 0.0.0.0 alias blm dpt ip dri seamless jdi gak ada koneksi internet
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kalau sudah sesuai dgn tutor di atas sudah bisa konek, coba dulu akun seamless nya tempel di hp, bisa terkoneksi apa gak, untuk memastikan Aceess Point normal apa gak, oh iya omong-omong nembak seamless ke access point tetangga apa pasang wms sendiri gan ?

      Delete
    2. pasang wms sendiri om, karena pilih paket satu AP jdi sinyal kurang bagus. maunya saya nembak om
      gmna tutor lengkapnya om untuk seamless maupun wms? atau ada pengaruh dengan versi ddwrt yg terbaru?

      Delete
  49. Kalo yang diakses bukan yang seamless kata om diatas tidak usah pakai dd wrt, tapi apa harus pakai tp-link tipe ini ???

    ReplyDelete
  50. mas ragil saya mau tembak seamleas indoor di warung depan rumah. saya punya litebeam m5, saya coba dirumah hilang timbul kebanyakan hilang. saya ada tenda03 sama dlink ddwrt routers. topologinya gimana ya mas biar bisa tembak seamless. saya ada juga wap610n dualband apakah bisa di sertakan. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarak dari rumah ke sumber seamless di warung kayak mini market 300 sd 400 meter. ketinggian seamless di warung ngak sampai 1 meter dekat pintu rolling door. ketinggian litebeam 8 meter an

      Delete
    2. Belum pernah tembak indoor sejauh itu gan, silahkan di coba saja,kayaknya sih kalaupun konek pasti dapat bandwidth nya kecil.

      Delete
  51. Nanya mas, saya nembak wifi.id pakai wr740n v4 ddwrt, sdh ikuti langkah2 diatas, di router wan sdh dapat, trus coba konek sdh otomatis diarahkan ke landing page tapi selalu gagal, jadi landing pagenya pun gagal terbuka.
    Masalahnya di manq ya?
    Saya pakai ddwrt beta V.3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nembaknya brapa jauh dari sumber internet ??? Kemungkinan dapat sinyalnya kecil jadi untuk masuk landingpage pun berat.

      Delete
  52. Klo cuma buat nangkep sinyal wifi id apa perlu diuprade tplink mr 3020 nya?

    ReplyDelete
  53. izin bertanya om, apakah ada rekomendasi AP murah lain selain TP-Link MR3020. dan kenapa harus TP-Link MR3020 ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus pakai MR3020, AP lain juga bisa asalkan support security EAP PEAP, MR3020 untuk firmware originalnya tidak support, jadi harus di instal firmware DDWRT supaya supaya support EAP PEAP. Rekomendasi AP untuk nembak seamless pake produk Ubiquiti atau Produk Mikrotik.

      Delete
  54. Mas,drumah ketangkep sinyal wifi.id,tp ga prnh masuk ke landing pagenya wifi.id. apa itu ssid bikinan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya kalau wifi.id masuk landingpage, bisa jadi bikinan, bisa jadi dapat sinyalnya minim jadi gak kuat lari ke landing page.

      Delete
  55. Mau nanya gan,saya drumah ada wms, wifi.id dan dan seam jg nongol dan bisa digunakan pke voucher,tp kok kas saya mau sebar pake tenda F3 ssid yg seamless gak kedetect ya do router tenda f3??pdhal yg wifi.id dan lainnya kedetect,kira2 knpa ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seamless hanya bisa di pakai atau di tembak dengan perangkat atau alat yang support EAP-PEAP, tenda F3 tidak support security EAP-PEAP jadi jangan harap bisa untuk nembak Seamless...

      Delete
  56. gan udh ikutin persis , cmn gk dpt wan ipnya itu gmn ya ? akun dah beli resmi jg pdhl

    ReplyDelete
  57. Sy nembak seamless pake tplink wr941nd upgrade ddwrt v.3
    Udah persis kaya tutor tp ttep ga dapet ip dr seamless nya kenapa y?? Test akun buat konek seamless dr hp bisa konek... Mhn pencerahan nya agan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sudah tidak menggunakan DDWRT gan, jadi gak bisa kasih solusi.. ga ada yang buat praktek. Hehe...

      Delete
  58. Mau nanya untuk router dlink dir600 (sudah ddwrt) itu sudah support untuk konek ke seamless nggak ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau gan, saya sendiri gak punya modem yang agan tanyakan, di cek aja kalau udah ada security EAP-PEAP itu bisa buat tangkap seamless.

      Delete
    2. Ohh iya iya gan makasih, saya baca speknya sih sudah support EAP tapi nggak ada PEAPnya, saya kurang paham juga

      Delete
  59. Satu lagi gan, untuk pengguna WMS itu wifi.idnya bisa dimatiin ya? Biar cuman muncul seamless dan wpsnya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini juga saya kurang tau, tanyakan ke 147 atau ke Plasa Telkom aja.

      Delete
  60. bisa tanya ya,

    WMS saya 20 mbps sudah WPA, dan saya tembak pakai tplink 840. kalau terima nya bisa full 20 atau tidak ya

    cek pakai HP cek speedtes ± 19-20Mbps , tapi setelah di tplink cek speedtes tidak pernah maksimal

    mohon masukannya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sudah di olah lagi di tplink wr840 nya, solusinya utak atik lagi cari settingan terbaik untuk wr840 nya supaya maksimal.

      Delete
    2. bisa tolong bantu kasih masukan lagi,

      1. ada kah selain tplink 840 ?

      2.bila nembaknya pakai mikrotik, apakah hasil nya bisa maksimal?saya sampai saat ini tidak bisa menggunakan mikrotik krn tidak bisa setingnya

      3. tplink 840 sudah saya tempatkan ± 1 meteran deh dari AP Wifi.id nya
      terimakasih banyak atas bantuannya Pak

      Delete
  61. bisa tolong bantu kasih masukan lagi,

    1. ada kah selain tplink 840 ?

    2.bila nembaknya pakai mikrotik, apakah hasil nya bisa maksimal?saya sampai saat ini tidak bisa menggunakan mikrotik krn tidak bisa setingnya

    terimakasih banyak atas bantuannya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Cobat pakai alat yang support 5Ghz

      2. Untuk hasil maksimal tergantung dari Access Point WMS Nya juga, kalau dapat nya jelek ya di tembakpun hasilnya kurang maksimal, dan redaman di jaringan agan bagus apa gak nya sangat berpengaruh.

      Delete
  62. oh iya, tplink 840 sudah saya tempatkan ± 1 meteran deh dari AP Wifi.id nya

    ReplyDelete
  63. Mas, saya mau tanya... Saya pasang wms di lantai 1 trus saya sebarkan di lantai 2 pakai tp-link wr840 dengan mode wisp dan langsung di arahkan ke landing page, setelah saya isi username dan password nya lngsung nyambung internet nya, tapi setelah 2 hari tp-link nya gk ada sambungan internet nya lagi, cara mengatasi nya gmn, apakah harus restart pabrik dulu untuk tp-link nya, trus melakukan setting ulang wisp nya atau ada cara lain nya???

    ReplyDelete
  64. kenapa nggak bisa detek ya mas.. ip wan di pojok tetap 0.0.0.0
    sudah saya ikutu spt di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan akun seamless nya fresh ya mas, jangan yang sudah buat login di perangkat lain.

      Delete
    2. baru beli tu mas kira2 permasalhannya cuma itu saja ya mas (akunnya)

      Delete
  65. Mas itu modem TP-Link MR3020 yg mas pake ada antenanya atau yg biasa ga ada antenanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MR3020 tidak ada antena eksternal, kalau pun ada brarti udah di modif sendiri.

      Delete
  66. Gan maaf saya mau tanya saya udh site survey seamless sama udh masukin akun sama pass nya seamles id tapi udh tunggu 10 menitan tapi WAN IP nya masih 0000 kenapa ya?

    ReplyDelete
  67. Pastikan akun seamless nya fresh gan, atau belum pernah login di perangkat lain, kalau memang akun seamlessnya tidak bermasalah coba ulang kembali langkah2 nya dari awal.

    ReplyDelete
  68. maaf bos mau setting mikrotik untuk nenbak seamless bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Bang, Klik Profil saya aja, disitu ada kontak saya.

      Delete
  69. mohon bimbingannya yang jelas om, saya ingin nembak Wifi.id lalu disebarkan lagi ke Handphone, kira" nanti kalau login wifi.id cuman perlu beli 1 voucher bisa konek semua apa 1 voucher 1 user ?, jarak dari rumah kurang lebih 500m

    alat yang perlu disiapkan apa saja ya ?

    misal tenda O3 sebagai alat tembak dan tp link mr3420 sebagai penyebar di rumah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500 meter kejauhan kalau langsung nembak ke access point wifi.id, soalnya access point wifi.id biasanya ada di dalam ruangan, sedangkan tenda o3 optimal untuk point to point, atau tower to tower. kalau mau mencoba juga gppa, setting saja tenda o3 nya di mode WISP.

      Delete
    2. kalau gtu yang bagus pakek alat apa kak nembaknya ?

      Delete
    3. Menurut saya sebagus apapun alatnya kalau nembak wifi yang alatnya di dalam ruangan apalagi di jarak 500Meter kalaupun bisa pasti hasilnya tidak maksimal.

      solusinya ya di buat PTP, tembak dari jarak dekat, kemudian di pancarkan ke alat taroh di tiang atas, kemudian di rumah agan juga di buat tiang lagi, pasang alat untuk tangkap.

      Delete
    4. maks range biasanya berapa ya kak ? diatas 200m kuat ndak ya kak ?

      Delete
    5. di coba saja gan, saya tidak pernah nembak ke wifi indoor jadi gak bisa mengira2, kondisi lapangan sangat berpengaruh. seperti pohon, tembok, dll.

      Delete
    6. oke kak trimkasih ilmunya, trus kalau sudah bisa konek nantinya itu 1 voucher bisa untuk beberapa user apa 1 user 1 voucher ya kak ?

      Delete
    7. Kalau pake mode WISP 1voucher untuk rame2.

      Delete
  70. Om ada Nmr hp/Wa??
    Mau nanya lebih detail tentang Tp Link mr3020

    ReplyDelete
  71. kalau sudah internet acces tapi nggak bisa connec apanya ya

    ReplyDelete
  72. mas login page wms saya ga muncul kira-kira masalahnya apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reboot AP wms nya, lepas adaptor yg ke listrik kemudian tancapkan lagi.

      Delete
  73. ijin bertanya bro. unk tplink wr740n apakah bisa unk ddwrt eap/peap ? buat nembak seamless wifi id

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk modem tersebut kurang tau support apa gak nya gan, silahkan browsing aja.

      Delete
  74. salam bro..klo nga dapet Wan ip kenapa ya? padahal settingan udah bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sudah gak mainan ddwrt mas, jadi gak bisa kasih pencerahan. hehe

      Delete
    2. ok bro..udah bs skr setelah oprek sana sini..terima kasih

      Delete

Post a Comment