Mikrotik hAP AC2 RBD52G-5HacD2HnD Konfigurasi Dasar Untuk Tangkap dan Sebar Wifi
Tiga Belas Net

Mikrotik Router Board dengan fitur wireless dan sudah di dukung dual band pastinya akan sangat memudahkan bagi penggunanya, selain diperuntukan sebagai router, mikrotik dengan tipe RBD52G-5HacD2HnD atau biasa disebut dengan hAP AC2 bisa di fungsikan untuk Tangkap dan juga sebagai Acces Point atau Sebar Wifi.

Mikrotik hAP AC2 memiliki spesifikasi yang mirip-mirip dengan tipe gx4, hanya berbeda di RAM dan Storage nya saja, namun untuk fitur Mikrotik hAP AC2 lebih unggul karena sudah mempunyai wireless yang sudah dual band.

Untuk sobat penggiat RT RW Net yang mempunyai ISP WMS wifi.id Mikrotik hAP AC2 akan sangat cocok, karena ISP WMS wifi.id yang tidak bisa di akses menggunakan jalur LAN, melainkan hanya melalui jalur wireless saja, jadi kita bisa memanfaatkan wireless nya untuk menangkap WMS dan sekalian Mikrotik hAP AC2 nya kita fungsikan sebagai Aceecss Point atau untuk Sebar Wifi.

Tanpa panjang lebar di artikel kali ini saya akan berbagi cara Konfigurasi Dasar Mikrotik hAP AC2 RBD52G-5HacD2HnD untuk tangkap dan sebar wifi yang sudah saya terapkan di Mikrotik hAP AC2 saya.

Apa-apa saja yang perlu di persiapkan :

1. Komputer PC atau Laptop (disini saya menggunakan PC dengan OS Windows 7)
2. Silahkan instal Winbox terlebih dahulu, kalau belum bisa sobat download klik disini
3. Mikrotik hAP AC2 yang sudah terhubung ke PC atau Laptop
4. User dan Password Sumber Internet yang akan di tembak (disini saya tembak WMS seamless@wifi.id)


Baca JugaTOTOLINK CP900 Access Point 5Ghz Handal Harga Murah


Setelah poin-poin di atas sudah siap, maka langsung saja ke langkah-langkahnya, oh iya untuk produk mikrotik router board pasti sudah tersedia konfigurasi bawaan, agar supaya sobat tidak bingung maka lebih baik sobat reset saja konfigurasi bawaannya dengan cara masuk ke Winbox dan pergi ke menu system kemudian pilih Reset Configuration dan berikan centang pada No Default Configuration dan Do Not Backup, lihat gambar berikut :


Tunggu sebentar perangkat Mikrotik nya reboot, dan masuk kembali ke Winbox dengan Mac Address, Login = admin , dan Password = biarkan kosong

Setelah masuk ke Winbox, silahkan masuk ke menu Interfaces, dan aktifkan kedua Wireless nya, klik saja di interface wirelessnya kemudian klik logo centang di bar atas.


Jika sudah di aktifkan Wireless nya, langkah selanjutnya ke menu Wireless, kemudian masuk ke tab Security Profiles, berhubung disini saya nembak seamless@wifi.id maka saya akan menginput atau memasukan akun seamless saya, jika sobat nembak ke Wifi yang berbeda mungkin setingannya pun akan berbeda, dan saya anggap sobat juga akan nembak ke seamless@wifi.id.

Masih di tab Security Profiles, kemudian klik logo + untuk membuat Security Profile baru, dan beri nama terserah, pilih Authentication Type WPA EAP dan WPA2 EAP, kemudian isi Supplicant Identity dengan akun seamless sobat,

Jika sudah.. masuk ke tab RADIUS, kemudian berikan centang di MAC Authentications dan MAC Accounting,

Selanjutnya masuk ke tab EAP, di EAP Methods pilih PEAP, kemudian di TLS Mode pilih dont verify certificate, kemudian masukan username dan password akun seamless sobat, klik Apply dan Ok.


Masih di menu Wireless, kita masuk ke tab Wifi Interfaces, disini saya akan nembak seamless@wifi.id yang 5GHz, maka yang saya gunakan yaitu wlan2 nya karena untuk wlan1 hanya untuk frequesi 2,4GHz, kenapa saya pilih frequesi 5 GHz ? karena untuk frequensi 5 GHz lebih stabil dan pastinya akan mendapat speed yang lebih besar.

Dobel klik saja di wlan2, tab General biarkan saja, kemudian masuk di tab Wireless, pastikan sobat pilih mode nya stations karena untuk nembak, Band kita pilih 5GHz A/N/AC, Channel Width saya sarankan pilih yang 20/40/80MHz XXXX dan pilih Country Indonesia atau China, terserah sih, Security Profile pilih yang tadi sudah di buat untuk Security Profile akun seamless sobat, klik Apply dan Scan... Start... maka akan mendeteksi SSID wifi di sekitar yang frequesinya 5GHz, jika SSID seamless@wifi.id sudah muncul, maka langsung saja klik SSID seamless nya dan klik Connect.

Lihat interface wlan2 nya, jika sudah terhubung maka akan ada tanda R di depan nama interface, dan Rx Tx nya sudah berjalan, jika tidak maka kemungkinan ada salah input akun seamless sobat di menu Security Profile yang pertama di buat.

Langkah selanjutnya yaitu membuat DHCP Client, masuk ke menu IP > DHCP Client... Klik logo + untuk membuat baru, Interface pilih wlan2, Add Default Route pilih yes supaya tidak perlu membuat Route manual, jika sudah klik Apply dan Ok,


Selanjutnya kita buat IP Address untuk wlan1 yang akan kita buat Access Point untuk user hotspot voucheran, caranya yaitu masuk ke menu IP > Addresses , seperti biasa klik logo + untuk membuat baru, masukan IP Address contoh disini saya menggunakan IP 192.168.13.1/24 dan pilih interface wlan1, klik Apply dan Ok


Langkah selanjutnya yaitu mengatur wlan1 nya yang diperuntukan untuk Access Point, masuk ke menu Wireless > dobel klik di wlan1, General biarkan saja, langsung masuk ke tab Wireless, pilih Mode ap bridge, Band kita pilih yang 2GHz B/G/N, Channel Width pilih 20/40MHz XX dan Frequency pilih saja auto,

Lanjut atur nama SSID untuk nama wifi nya, dan atur Frequency Mode pilih superchannel, pilih country Indonesia atau China terserah sobat, jika sudah klik Apply dan Ok.

Sobat boleh cek terlebih dahulu di Handphone, apakah nama wifi nya sudah muncul apa belum, namun sobat belum bisa konek ke jaringan, lanjut ya sob...

Setelah mengatur wlan1 untuk Access Point, selanjutnya agar user bisa terhubung maka kita harus membuat NAT,  DHCP Server dan DNS caranya sebagai berikut :

Membuat NAT, masuk ke menu IP > Firewall > NAT
di tab General : Chain pilih srcnat, Out Interface pilih wlan2 (sumber internet), setelah itu masuk ke tab Actions dan Action nya pilih masquerade, klik Apply dan Ok.


Membuat DHCP Server, masuk ke menu IP > DHCP Server
di tab DHCP, kita klik saja DHCP Setup, kemudian ikuti perintah yang ada,  DHCP Server interface pilih wlan1 (yang untuk access point), selanjutnya tinggal Next dan Next saja sampai dengan selesai, masih di menu DHCP Server masuk ke tab Network dan dobel klik di pengaturan Network yang sudah ada, kita tambahkan Netmask 24 dan DNS Server samakan saja dengan IP Gateway, klik Apply dan Ok.

Membuat DNS, masuk ke menu IP > DNS
Tinggal berikan centang saja di Allow Remote Requsts


Sampai disini wlan1 sudah mendapatkan internet atau sudah bisa digunakan, untuk membuat hotspot voucheran sobat tinggal membuat atau mengkonfigurasi Hotspot.


Untuk membuat Hotspot caranya masuk ke menu IP > Hotspot
di menu Hotspot sobat langsung saja klik Hotspot Setup > Hotspot Interface pilih wlan1 (access point) selanjutnya Next dan Next sampai di DNS Name masukan nama hotspot sobat yang digunakan untuk link atau alamat url di halaman login, contohnya tigabelas.net , kemudian klik Next lagi sampai selesai.


Sampai disini Mikrotik hAP AC2 sudah berfungsi sebagai penangkap wifi dan untuk Access Point atau sebar wifi.

Jika sobat ingin menggunakan port LAN nya di fungsikan untuk Access Point External, maka sangat mudah sekali, sobat tinggal membuat Bridging port port mana yang akan di satukan dengan wlan1 nya untuk Access Point External.

Baca Juga : Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard


Sampai disini artikel tentang Mikrotik hAP AC2 RBD52G-5HacD2HnD Konfigurasi Dasar Untuk Tangkap dan Sebar Wifi, Semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang mungkin masih belum bisa mengkonfigurasi Mikrotik hAP AC2 nya.

Silahkan bagikan ke sosial media ataupun ke teman sobat jika artikel ini bisa membantu, dan silahkan diskusikan saja tentang pengalaman sobat menggunkan Mikrotik hAP AC2 nya di kolom komentar. Terimkasih atas kunjungannya.

60 Comments

  1. halo gan, maaf saya pemula masalah mikrotik.

    apa device ini juga bisa untuk venue@wms ? garis besarnya untuk auto login wms, karna tutorial diatas dijelaskan untuk seamlessnya saja, makasih.

    topologi : ssid venue@wms - hap ac2 - ssid wpa/wpa2 - user 1, user 2, dst

    saya sudah membaca artikel tentang autologin wms, tapi tidak dijelaskan memakai device apa, jadi saya agak bingung masalah devicenya. (https://tigabelasnet.blogspot.com/2019/06/auto-login-wms-wifiid-managed-service.html)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setting auto login semua produk mikrotik router board support gan, dan untuk AC2 sangat2 support.

      Delete
  2. Pada kasus saya, pengaturan wifi.id nya sudah dihilangkan, jadi yang tersisa adalah akunsaya@wifi.id (dan itu pun tanpa akses login) melainkan mirip dengan hotspot biasa pada umumnya, apakah bisa menggunakan hap ac2 ini?

    NB: Halaman login sudah tidak ada, sekali isi password login selamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, itu wms agan landingpage nya disetting password only, dan auto loginnya di on kan... Jadinya begitu.

      Delete
    2. Mas..utk seting2 itu apa di sinj nanti?
      https://wms.wifi.id/customer/

      Delete
  3. hallo gan mau nanya
    wms saya ngga ada seamless wifi.id nya
    kalau mau dihidupkan bisa ngga ya?
    kalau bisa caranya bagaimana?

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Request saja melalui tlp 147, atau via live chat di web wifi.id.... Semoga bermanfaat gan, Terimakasih kunjungannya.

      Delete
  4. Kalo Untuk tangkap trus sebar via lan cuman sampai DHCP Client kah gan?
    g'usah bikin ip dan dns'y lagi ?
    misal dari seamless ke mikrotik trus ke lan AP.
    atau harus ngisi Bridge biar port lan'y bisa kepakai?
    maklum awam di bidang mikrotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat IP untuk ether yang mau dipakai, Kemudian DHCP Server, DNS, NAT, cukup gan...

      Delete
    2. Brarti setelah conect bikin ip dhcp ser dns sma nat kyk di atas ya gan ??
      langsung bisa di buat nembak gan ?

      Delete
  5. Maaf gan,untuk bikin buka rt rw, bisa minta tlng apa saja yg hrs saya siapkan? Mikrotik yg agan rekomendet apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang harus disiapkan tentunya sumber internet (isp), kemudian Mikrotik untuk memanajemen mengatur maupun membagi bandwidth client, dan satu lagi Access Point, untuk alat2 yang di pasang di client tentunya alat untuk nembak sinyal ke Access Point utama, dan router untuk indoor nya.

      Untuk tipe mikrotik nya recom dari saya : hAP-ac2

      Delete
  6. Mau bertanya tipe mikrotik ini bisa jarak brp meter utk nangkap signal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau gan, saya nembak WMS dirumah sendiri jarak 5 meter soalnya. Kalau mau nangkap jarak jauh taroh di atas tiang aja gan, dan pakai yang 5Ghz biar mantap. Hehe

      Delete
  7. wes po koe mantap kang ragil slalu membantu semoga amal ilmu semoga ber mampa,at wes semoga 13net jaya slalu matur kesuwun semoga slalu membantu yang selagi membutuh kan hhhheee hhhhee salam mas

    ReplyDelete
  8. Mas hap AC2 ane panas banget, padahal baru tahap setting, normalkah itu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AC2 memang panas mas, mungkin karena Quadcore (4 core), tapi sampai sekarang aman2 saja mas.

      Delete
  9. Ouh gt, ok mas tq, ane pikir kenapa2 tuh router, heheheh, btw itu dapet speed 30mb ditest jam brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 30 Mb yang mana ??? Kalau di tempat saya seamless masih up to 100Mbps, naik turun biasa namanya juga up to.

      Delete
  10. Klo cara memperluas disk space nya gmn mas? Ada tutorialnyakah misalnya pake flashdisk gitu, ini router blm diapa2in aja free space nya cuman tinggal 2,5mb,kecil banget dibanding haplite ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecil brapa mas...??? Coba create user banyak bisa gak, kalau untuk colok flashdisk tinggal colok aja mas, nanti tinggal di reset flashdisk nya supaya terbaca di mikrotik.

      Delete
  11. 2,5mb free size on disk, mang bisa tambah flash disk mas? Caranya dunk mas buat tutornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ketik di google, cara menambah memori mikrotik. di mikrotik.id disana ada.

      Delete
  12. Nah punya mas ragil brp siza free space nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free memory: 71.0 MiB
      Free HDD Size: 1056 KiB

      Sudah saya hapusin fitur2 yang gak guna.

      Mangle dan Raw : ada beberapa.

      User Voucheran tidak nampung,karena saya pake print thermal.

      Client rumahan ada 21 biji.

      Oh iya gan... ini Mikrotik bukan hp atau komputer, jadi jangan untuk simpan file2 mp3 mp4 file aplikasi dll yaaa... Heheeee

      Delete
  13. Wkwkwk hiyahiyahiya, iya itu tinggal 1m doank yak, ckckckck,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mikrotik kan emang begitu gan.... Kalau mau HDD nya gede ya pake CPU, Lagian file-file seperti user voucher dll kan memang ukurannya kecil banget.

      Delete
  14. mas saya mau tanya disini mikrotik rbg52g saya hanya mau buat nembak WMSnya saja, tetapi yang akan saya gunakan adlah wlan2 yang freq 5ghz apakah bisa? soalnya saya coba g bisa(kalo wlan1 alias 2,4ghz bisa buat nembak WMS) Terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisanya dimana ?

      Kalau dari AP wms ada freq 5Ghz ya dipastikan bisa.

      Delete
  15. selain setingan di atas apakah ada setingan lainnya mas, kebetulan di rumah ada wms, dan saya belikan rbd52g, setingan Band dan Channel Width saya samakan spt di artikel ini untuk nembak wms tapi kendalanya sering disconect wlannya. Band dan Channel Width sudah saya ganti-ganti tetapi juga masih sama. apakah ada setingan lainnya yg perlu diganti mas ?
    ohiya sebelumnya saya menggunakan RB931-2nD tidak ada kendala spt ini, yg seamles saya tembak dg radio ubnt tidak ada kendala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diskonek wlan nya apa diskonek wms nya gan ??? Kalau diskonek wmsnya minta login lagi itu memang kendala wms seperti itu, makanya kebanyakan pengguna wms menggunakan auto login wms venue, kalau diskonek wlan punya saya gak pernah terjadi dan aman2 saja.

      Delete
  16. ini mikrotikny bisa buat auto login wifi id terus dibagikan lagi tpi pake vocher?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat hotspot voucheran bisa, dibuat client rumahan bisa... bebas, sesuaikan dgn kebutuhan.

      Delete
  17. Gan mau nanya kalo buat usaha hotspot rumahan tp di bikin voucheran butuh apa aja alat2nya, dirumah pake WMS. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikrotik wireless type apa gan soalnya WMS ngga ada port LAN nya

      Delete
    2. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, mau yang murah, sedang atau mahal, agan bisa belajar dulu di forum2 atau grup facebook rt rw net indonesia.

      Untuk tipe mikrotik nya agan bisa lihat2 di webnya mikrotik.co.id

      Delete
  18. Apakah WMS sama dengan Wifi Station dan bisakah Wifi Station di Konfigurasi menggunakan Metode ini..? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dahulu Wifi Station nya, apakah menggunakan metode WPA, metode Hotspot, atau metode PEAP, untuk settingan di atas konfigurasi menangkap SSID Seamless@wifi.id menggunakan metode PEAP, jika wifi station yang agan tangkap menggunakan metode selain PEAP maka tinggal di sesuaikan saja di pengaturan profil security nya.

      Delete
  19. Saya punya disc lite5 apa bisa nangkap terus sebar??setingannya sama kayak diatas ga gan??
    Terimakasih

    ReplyDelete
  20. minta infonya ya mikrotik yang low budget bisa nembak wms (bukan seamless nya ) sekaligus jadi AP nya (harga dibawah hAp ac2), untuk buat hotspot voucheran..

    untuk akun seamless bisa dapat dimana aja ya..

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikrotik yang bisa untuk voucheran untuk nembak wms dibawah hap ac2 = hap ac lite

      akun seamless bisa dibeli via aplikasi wifi.id Go download di playstore, atau bisa juga beli di toko online shopee disana banyak yang jual,atau jika agan berlangganan indihome agan bisa aktifkan sendiri melalui aplikasi my indihome pilih ad on seamless.

      Delete
  21. gan ini fungsinya untuk apa ya "Jika sudah.. masuk ke tab RADIUS, kemudian berikan centang di MAC Authentications dan MAC Accounting"

    ReplyDelete
  22. sy lagi coba mikrotik ini sudah sampai buat dns name, cuma masih belum bisa konek internet, apa ada lanjutan sampai setting ke mikhmon? cuma sisa storage nya memang kecil sekali apa cukup untuk voucherannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk menu ip > hotspot > server > hotspot set up > next next next sampai dengan selesai,

      untuk mikhmon banyak di bahas di yutup gan, silahkan dicari aja.

      Terimakasih sudah berkunjung. 🙏

      Delete
  23. Gan bisa minta settingan autologin? Saya gabisa2 autologin nya

    ReplyDelete
  24. Bang ragil punya saya terkadang timeout dan tidak langsung konek lagi nunggu 10 menitan baru konek lagi kalau mau cepet harus di disable lalu enable kan. Apakah ada solusi bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. topologinya bagaimana bang, mikrotiknya difungsikan untuk apa.

      Delete
  25. Hap ac2 nembak seaamless aja bang fungsinya sih buat sistem pppoe sama voucheran tapi blum buat karena ada masalah ini yakni pada status dhcp client statusnya searching terus bang tidak bound kalau mau cepet bound harus di disable lalu enable kan bang jadi hap ac2 tidak cepat ,kira kira salah saya dimana ya bang saya ikut settingan dari abang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini terjadi ga nentu bang, kalo timeout status searching dia lama banget ganti jadi boundnya harus di disable enable

      Delete
    2. Asalkan settingan mikrotik di security profile untuk akun seamless nya udah benar pasti langsung terhubung gan, itu kemungkinan di AP seamless nya, coba dulu menggunkan perangkat lain kalau ada, oh iya untuk jarak antara AP seamless dan Mikrotik hAP ac2 pastikan dalam satu ruangan.

      Delete
  26. kok saya nggak bisa ganti login tamplate nya yah udah di upload tapi laik lagi ke default

    ReplyDelete
    Replies
    1. di menu hotspot > server profile apakah sudah di pas kan folder file template nya ?

      Delete
  27. Router ini bisa nanganin berapa client mas?

    ReplyDelete

Post a Comment