Review Singkat Mikrotik hAP AC2 RBD52G-5HacD2HnD-TC
Tiga Belas Net

Habis lebaran kemarin saya membeli produk mikrotik lagi, produk yang kali ini saya beli dengan tipe RBD52G-5HacD2HnD-TC atau biasa disebut dengan hAP AC2 dengan harga 950ribu, saya membeli produk ini karena tertarik dengan fitur Dual Band nya, juga desain bentuknya yang keren gan, mudah-mudahan sih performanya juga keren ya gan, hehe...

Kebutuhan saya untuk menembak seamless@wifi.id, sebetulnya mikrotik saya yang sebelumnya juga untuk nembak seamless@wifi.id namun nembaknya yang 2,4 GHz, karena memang belum Dual Band, untuk kali ini ceritanya upgrade gan, jadi nya saya beli yang sudah Dual Band, dan tertarik sama hAP AC2 ini.

Kalau melihat spesifikasi sih dibandingkan dengan tipe RB750gr3 lebih gahar RB750gr3, namun dia belum punya wireless, jadi saya beli sesuai kebutuhan saja ya gan...


Baca Juga : Mikrotik Router Board RB450GX4 Unboxing dan Spesifikasi


Oh iya saya membeli Mikrotik hAP AC2 ini di salah satu toko online di seller langgan saya, dan seperti biasa barang nya cepat sampai dan sesuai pesanan, puas deh pokoknya...

Setelah 3hari saya pesan akhirnya sampai juga, dan lansung saya buka saja paketannya, setelah lihat barangnya wih memang cakep benar gan, bentuk dan desainya sih masih mirip dengan mikrotik saya yang sebelumnya, ya iyalah kan sama-sama tipe hAP (hAP mini).


Baca Juga : Mikrotik RB931 hAP Mini - Mikrotik Murah Fitur Wah...


Di dalam box terdapat unit Mikrotik hAP AC2, Adaptor Power, Mounting, Buku Manual, dan Nota Pembeliannya.

Langsung saja saya tes buat hidupin hAP AC2 nya, dan untuk nembak seamless@wifi.id yang 5GHz nya, dan ternyata mantap gan, untuk cara nembak seamless@wifi.id bisa dibaca di postingan sebelumnya yah.

Berikut screenshot hasil speedtest nembak seamless@wifi.id di WMS paket 20Mbps menggunakan Mikrotik hAP AC2 :

Tiga Belas Net

Selesai konfigurasi saya langsung pindahkan user yang langganan wifi yang baru beberapa ke Mikrotik hAP AC2 nya untuk tes user aktif, dan sekitar 20 user aktif ternyata masih ringan, mantap lah gan, hehe...

Untuk konfigurasi menjadikan Access Point dan lain-lain insya Allah nanti akan saya buatkan artikel terpisah.


Baca Juga : Tutorial Menangkap WMS Wifi.id Seamless Menggunakan Mikrotik Router Board

Beberapa foto yang saya ambil untuk Mikrotik hAP AC2 :

Tiga Belas Net
Tiga Belas Net
Tiga Belas Net
Tiga Belas Net


Kesimpulan :

Dengan harga yang kurang dari 1jutaan, Mikrotik hAP AC2 ini layak untuk di beli, mengingat sudah Dual Band dan desain bentuk nya yang cakep, dan performanya juga mantap.


Jadi buat anda yang sedang mau membeli produk mikrotik untuk jaringan dirumah maupun di kantor dan juga penggiat RT RW Net, tipe hAP AC2 perlu di pertimbangkan, intinya belilah sesuai kebutuhan saja ya gan.


Terimakasih telah berkunjung kesini, dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak anda di kolom komentar. Semoga Review Singkat tentang Mikrotik hAP AC2 RBD52G-5HacD2HnD-TC ini bisa bermanfaat.

25 Comments

  1. ini kuat nampung brp user gan...? rencana mau beli ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum bisa test gan... karena belum punya client banyak, user aktif 20 cpu masih 1,2,3 % hehe...

      Delete
    2. hmm...mungkin 50 user bisa dibawah 10% kali yah?

      Delete
    3. Bisa jadi mas, tergantung konfigurasi nya juga... Mangle dll.

      Delete
    4. terima kasih pencerahannya mas...

      Delete
    5. Sama2 mas... Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Bisa dipake nembak 2 SSIS sekaligus gak Om ?
    Jadi 2,4 nembak wms terus 5,8 buat nembak seamless ?

    ReplyDelete
  3. Tutorialnya om nembak wifi.id & seamless bersamaan trus load balance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nyoba nih gan, cuma pakai semaless nya aja udah cukup. Hehe

      Delete
  4. Mas..kalo yg 2,4 nembak wms nya, trs 5,8 nembak seamless,bs egk rb ini?

    ReplyDelete
  5. Saya mau beli juga, semoga memuaskan

    ReplyDelete
  6. mas masak wms yg 20mb di konekin pake hap ac 2 ini di band 5ghz kecepatannya jadi melonjak gitu

    ReplyDelete
  7. Mas..nembak semles kok g bisa dapet banwith besar ya?mentok di up 20

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud dilimit gmn mas?
      Apkah setingan dr telkomnya?

      Delete
    2. Limit dr AP apa akun seamless nya ya mas kira2?
      Nyoba 2 seamles, 1 wms nyoba satu2 tetep g ada 20..

      Delete
    3. Dari AP wms nya gan. Atau bisa jadi dari settingan pusatnya, speed seamless di samakan dgn speed venue nya.

      Delete
    4. Ada solusi untuk itu mas?
      Kalo gini mau konek vocer wifi.id jg egk bisa mlebihi 20 dong,pdhal diiklan upto 100

      Delete
    5. Namanya juga up to... Bisa mencapai... Untung2an gan, xixixi....

      Kalau mau berusaha complain ke telkomnya biar wms 5Ghz nya di set ke ac.

      Delete

Post a Comment