Tenda O3 adalah sebuah alat jaringan yang berfungsi sebagai Access Point dan bisa juga untuk Stations(client), Universal Repeater, WISP, Repeater, P2MP dan Router, alat ini cocok untuk anda yang baru memulai belajar di jaringan wifi, seperti membangun jaringan rt rw net, wifi warung kopi, dan untuk nembak wifi tetangga, harganya yang murah cukup dengan Rp. 350.000,- anda sudah bisa mendapatkan Access Point outdoor Tenda O3 ini, dan untuk konfigurasi nya pun cukup mudah, jadi anda tidak perlu belajar lama, tinggal mengikuti langkah-langkah di menu pengaturannya saja.

Tenda O3 ini merupakan Access Point yang ke dua saya, karena sebelumnya saya sudah memakai TP-Link CPE 220, dan setelah saya coba hasilnya lumayan memuaskan, namun jangan berharap lebih mengingat harganya yang murah.

Di postingan kali ini saya mencoba berbagi pengalaman menggunakan Access Point Tenda O3 yang sudah saya pakai kurang lebih seminggu sejak postingan ini di buat.

Untuk penampakan nya sebagai berikut :






Tenda O3 ini mengklaim bisa untuk menangkap sinyal wifi hingga jarak 5Km dengan mode Point To Point asalkan los tanpa halangan (belum nyoba), dan ketika saya gunakan sebagai Access Point ataupun Repeater bisa memancarkan sinyal wifi lebih dari 200 meter, menurut saya cukup baik.

Untuk Konfigurasi nya pun sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Pastikan Tenda O3 anda sudah terpasang kabel-kabel nya dengan benar, dan sudah ditancapkan ke listrik.

2. Konfigurasi dengan melalui WAN / Wifi, dengan menggunakan Laptop atau juga bisa dengan Smartphone, Scan Nama Wifi Tenda kemudian konekkan.

3. Buka Browser Internet di Laptop atau Smartphone anda, kemudian ketik IP default Tenda O3 nya yaitu : 192.168.2.1

4. Setelah masuk dasbor masuk dengan user dan password standarnya yaitu : admin

5. Setelah login di dasbor, silahkan pilih sesuai mode nya, kalau ingin di jadikan Access Point pilih AP, jika ingin di jadikan Stations untuk nembak wifi tetangga pilih Stations atau WISP, dan kalau ingin di jadikan penguat atau menyambung sinyal wifi pilih saja Universal Repeater, dan jika ingin dijadikan Modem Router pilih saja Router.

Untuk mengganti user dan password dasbor klik menu Tools, kemudian pilih Administrantor dan klik di icon edit (gambar pensil) ubah sesuai keinginan anda.

Tips untuk memaksimalkan Tenda O3 :

Klik menu Wireless, kemudian klik lagi Advanced, kemudian ubah Antena Polarization di Vertical, kemudian klik Save. Untuk yang lain silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat.

Tiga Belas Net
Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Tenda O3, dan jika ada pertanyaan silahkan tuliskan saja pengalaman sobat memakai Tenda O3 nya di kolom komentar, Terimakasih telah berkunjung.


Baca Juga :

Review Mikrotik RB750r2 hex Lite dan Cara Configurasi Userman Wifi Hotspot

Cara Mendaftar Berlangganan Indihome dan Wifi id Dengan Mudah

Tp-Link CPE 220 Configurasi Menggunakan PC dan Smartphone

286 Comments

  1. Maaf gan..!! Bisa lebih rinci lagi gx, ane baru ajah pasang Tenda o3 dan sinyalnya full tapi gx bisa konek ke internet...
    Mohon solusinya gan...!!🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Tenda o3 ternyata ada 2 versi gan, kebetulan yang saya review di atas yang v1, kalau punya agan yang v2 mungkin akan sedikit berbeda di menu pengaturannya.

      Delete
    2. Ane kurang paham gan kalo versinya, tapi di tampilan/menu kayaknya sama aja sama punya agan...
      Coba gan step by stepnya petunjuknya🙏, ane mau coba lagi...

      Delete
    3. Tenda o3 nya emang mau buat nembak wifi atau mau buat Access Point gan ???

      Delete
    4. Nembak dan nyebarin lagi, dan yang saya tembak itu dari tenda o3 juga yang modenya WISP juga (dari kantor) yang jaraknya lebih kurang 100m...

      Delete
    5. untuk WISP yah, mudah ko gan.. tinggal ikuti instruksi yang ada next next selesai.

      Delete
    6. Betul sekali gan..!! Tapi yang jadi masalahnya gx bisa konek ke internet...

      Delete
    7. mungkin di pengaturan DHCP Server nya gan...

      Delete
    8. Pengaturanya mesti gimana gan..!?

      Delete
    9. kalau punya saya, gak di utak-atik sih, cuma pengaturan standar.

      Delete
  2. saya pake tenda O3v2 tapi nggak ada pilihan Antena Polarization. trus gimana settinganya ya.rencana buat nembak wifi id. dah coba nyobain mode wisp dapat wifi.id sinya 3bar. tapi tetep belum mau masuk login pagenya wifi.id. bisa bantu kasih masukan gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. dah bisa masgan, ya walupun sinyalnya belum stabil. kalo dapat sinyal 3bar bisa masuk login page, kalo dibawah itu sulit masuknya. didekat rumah saya ada beberapa yang pasang wifi.id. rata2 nggak ada 100M jaraknya. ini masih cari2 arah yang tepat biar dapat sinyal stabil.

      Delete
    3. numpang tanya lagi mas. tenda O3 saya ini saya kombinasi ama N301. N301 tugasnya nyebar sinyal tangkapan dari tenda O3. kenapa alamat 192.168.01 punyanya N301 jadi gak diaskses ya. rencana mau bandwidth kontrol ke anak2 kalo pas belajar atau mau tidur mau tak lemotin koneksi mereka. maksih sebelumnya.

      Delete
    4. n301 nya pake mode apa mas, kalo mode AP biasanya ngikut ke perangkat utamanya, coba akses ke tendawifi.net

      Delete
    5. N301 mode AP mas, tenda O3 mode wisp.
      ooo gitu ya ngikut tenda O3 jadinya. pantes nggak bisa diakses.

      Delete
  3. ada yg tau ga...
    Gimna cara menampilkan antena horizontal dan vertical
    Ditenda 03 punya saya tidak tampil...
    tolong dong yg tau ksh tau saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tenda o3 versi 1 ada, kalau yang versi 2 memang tidak ada.

      Delete
  4. Saya kemaren baru beli.. masalahnya sama tidak bisa konek... terus apa ada solosinya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa koneknya bagaimana gan, tenda o3 nya sebagai apa ? Kalo untuk client pastikan nembaknya sudah benar.

      Delete
  5. kalo saya nerima pakai CPE 220 trus mau aku pancarin lg pakai tenda o3.... mode yg di gunakan unt tenda o3 di mode AP accespoin kan gan? dan yg CPE 220/di mode apa ya gan....? mhn panduannya mas....bsk sore mau aku pasang

    ReplyDelete
  6. kalo saya nerima pakai CPE 220 trus mau aku pancarin lg pakai tenda o3.... mode yg di gunakan unt tenda o3 di mode AP accespoin kan gan? dan yg CPE 220/di mode apa ya gan....? mhn panduannya mas....bsk sore mau aku pasang

    ReplyDelete
  7. kalo saya nerima pakai CPE 220 trus mau aku pancarin lg pakai tenda o3.... mode yg di gunakan unt tenda o3 di mode AP accespoin kan gan? dan yg CPE 220/di mode apa ya gan....? mhn panduannya mas....bsk sore mau aku pasang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nembak pake mode client atau wisp juga bisa... Untuk memancarkan pake mode Access Point.

      Delete
  8. Untuk jarak point to point jarak 3,5 km pakai apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jarak 1Km ++ rekomendasi pake yang 5Ghz aja gan, litebeam m5 atau yang lebih tinggi lagi.

      Delete
  9. untuk memancarkan dri rumah ke rumah jarak 300 meteran apa butuh ap satunya lagi di rumah penerima?

    ReplyDelete
  10. Biar maksimal tentunya harus di kasih penangkap gan... Kalau Ap pertama ke 300meter langsung hp kemungkinan bisa ketangkap cuma sinyal tidak stabil, itupun kalau los minim halangan pepohonan dan bangunan rumah.

    ReplyDelete
  11. Min mau tanya apakah semua router cara kerja nya sama cuman beda IP nya saja ? Mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara kerjanya sama, mungkin pengaturan dan kemampuan yang membedakan.

      Delete
  12. Maaf gan, saya sudah mengikuti petunjuk pemasangan tapi kenapa gak bisa login ke web

    ReplyDelete
  13. maaf sebelumnya, saya mau bertanya apakah bisa dikonfigurasikan router tplink 3420 yang saya miliki sama router tenda O3 untuk penyebar signal wifi serta mikrotik voucer.? mohon solusinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan... Namun akan lebih baik jika pertanyaan agan diperjelas topologi yang akan di buat, apakah isp nya dari tplink 3420 kemudian masuk ke mikrotik dan di sebarkan menggunakan tenda O3 ??? Jika topologinya seperti itu sangat bisa.

      Delete
    2. Mas saya beli tenda 03 sebanyak 3 nah topologinya dari modem Indihome aku salurin ke tenda A dengan AP lalu tenda B mengambil sinyal dari Tenda A sebagai Client dengan jarak 50mtr lalu dari tenda C mengambil sinyal dari tenda A dengan jarak 3km pertanyaan saya kenapa di tenda A dapat sinyal tp tidak bisa akses internet itu masalah dimana nya yah mas jika berkenan mohon di bantu dari Whaatapp mas di 081211750759. Soalnya Uda 3 Minggu setting gagal2 terus barang kali mas bisa bantu tak doain rezekinya di limpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang sudah berbaik hati dan ingin membantu terima kasih sebelumnya Ragil mohon dibantu respon

      Delete
    3. mudah sekali gan, agan cek lagi tenda o3 A, di set di mode Access Point, setting dengan benar, dan pastikan mendapatkan internet dari sumbernya, kalau sudah benar2 mendapat internet, barulah agan setting tenda o3 B, dan C, oh iya untuk yang C, mengingat jaraknya yang lumayan jauh, saya tidak menjamin sukses atau gak nya. namun jika lokasi los tanpa halangan dan sama2 antara A dan C di ketinggian yang lumayan sepertinya sih bisa, saya sendiri belum pernah pake o3 untuk sejauh itu.

      Delete
  14. Untuk nembak wifi id bisa gan?

    ReplyDelete
  15. Kalo udah pakek tp link
    Password nya masih dari mikrotik nya ya gan, soalnya sayang bikin voceran gitu gan,karna TP-LINK nya untuk memperluas jaringannya aja
    Mohon masih awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bagaimana gan, tplink nya untuk memancarkan (access point) atau untuk repeater (memperluas ) ???

      Delete
  16. bang punya ane kok buat nembak hotspot mode wisp masuk sih bang tapi kok gak bisa buat login ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau settingan tenda o3 nya sudah benar dipastikan bisa untuk login hotspot.

      Delete
  17. mau tanya untuk nembak wifi.id ikuti settingan diatas apakah sudah bisa?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan mode WISP/Client, tinggal scan... Kalau terdeteksi langsung pilih saja SSID target. Setelah terhubung tinggal login melalui browser perangkatnya gan.

      Delete
  18. mau tanya lagi nih, kalo di hp scan wifi wifi.id muncul 1 bar aja tapi bisa masuk login pagenya, kalau menggunakan tenda O3 ini apakah sinyalnya akan menjadi 2 bar keatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan di tembak aja pake tenda o3 biar lebih jos... Terimakasih ya atas kunjungan nya....

      Delete
  19. Sinyal dpet 1 bar.tp sulit konek.apa memang harus dpet sinyal lbih dari 1 biar bisa konek

    ReplyDelete
  20. Agan..punya sy tenda 03 juga ga tau v brapa..
    Sy pilih wisp.saat scan tenda ga ada muncul apa2 gan.padahal wifi yg ingin sy tembak jaraknya cuma 300san meter.mohon solusinya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wifi yang ditembak indoor apa outdoor gan, kalau indoor 300an meter pasti susah gan, karena banyak penghalang bangunan2 dan pepohonan, tapi kalau outdoor masih mending apalagi kalau los tanpa halangan... 500meter pun mampu.

      Delete
    2. Wifi indihome gan..
      Tp mslhnya wifi tetangga yg jaraknya 10 meter juga ga muncul saat di scan model wisp..
      Intinya saat scan ga ada ssid yg muncul.apa ada setingannya ya gan??

      Delete
    3. Wah kemungkinan rusak tuh mas, ga ada settingan yg aneh2, cuma scan.. harusnya wifi yg deket terdeteksi... Coba di update firmware nya dulu mas.

      Delete
    4. Update firmware tenda ya gan??

      Delete
  21. Mas ane baru pasang cpe 220 buat nangkep sinyal wifi indoor dan akhirnya cekot2 alias gbsa, padahal jarak ±100m, rencanya mo pasang di rmh yg but nyebarin pake tenda 03 kira2 setupnya gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau indoor memang susah gan, apalagi kalau banyak halangan bangunan dan pepohonan, solusinya di wifi yang mau di tembak pasang access point outdoor :D

      Delete
  22. Mas kalau tenda 03 mode universal repeater gimana ya cara masuk ke setting tenda nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah susah itu gan, wifi utamanya harus di matikan dulu biar ga dapat koneksi dari wifi utama. Kalau pakai lan sih tinggal di static ip nya.

      Delete
  23. Tenda o3 bisa kah nangkap sinyal WiFi Indihome. Kebetulan tetangga pakai itu

    ReplyDelete
  24. Gan saya mau beli tenda 03, itu kalo buat nembak wifi di sambung ke TP-link MR3420 buat mancarin wifinya bisa. ( tenda buat nyedot TP-link buat nyebar gitu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan saya pake WiFi indihome..sinyal WiFi nya mau di perluas pake tenda 03.. mode nya pake apa ya?? Ap atau Wisp

      Delete
    2. Baik AP maupun WISP bisa... Namun untuk AP harus pakai kabel LAN, kalau WISP via Wireless atau di tembak kemudian di sebarkan...

      Delete
  25. Maaf nanya gan,untuk nembak wifi,apakah wifi yg kita tembak itu pakai tenda juga atau tidak gan,kebetulan jarak nya 500m gan.
    Atau si penebak aja yg pakai tenda

    ReplyDelete
  26. Ya terimakasih gan.
    Maaf gan sebelum nya,bisa minta nomor hp atau W A gan,kali ada yang saya tanyakan gan,.

    ReplyDelete
  27. Maaf gan nanya lagi nih.
    Kalo kita pakai mikrotik sxtlite5 sama ya pengaturan nya sama tenda03

    ReplyDelete
  28. Ya oke .terima kasih info nya gan.

    ReplyDelete
  29. Tanya mas, sy nyebar sinyal wifi hotspot dari bullet m2 pakai tenda O3 (fungsi repeater), gmna setting konfigurasinya ya.? Sdh sy pilih universal repeater trus next next next.. Sdh Connect k bullet m2 tp gk ada internet.. Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test aja buat ripet wifi yg lain gan, kalau bisa kemungkinan tidak cocok untuk ripet ke bulletnya... Saya sendiri tidak pernah ripet ke bullet jadi tidak bisa memastikan.

      Delete
  30. Assalamualaikum...Kang Mas semua.

    bisa minta bantuannya Mas..Ane punya Indihome 10Mbps dgn Huaweinya.
    skrg online konek wifinya dari huawei bawaan ke hp,laptop...

    juga punya linksys wrt54gl + rb750 nganggur.

    gimana yah cara & topologinya agar bisa dijadikan rtrwnet keluar rumah .... biar ada usaha kecil2an. Mudahan bisa dimengerti. mohon dimaklumi Kang Mas sekalian. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah mas... Sudah banyak yang share untuk konfigurasi alat2nya terutama untuk mikrotiknya, untuk topologinya Modem Huawei indihome masuk ke Mikrotik rb750, kemudian share dengan Access Point, Linksys fungsikan saja sebagai Access Point... Atau kalau mau taruh di outdoor beli aja access point outdoor.

      Delete
  31. Mau nanya nih apakah ada alamat lain tuk login tenda03

    ReplyDelete
    Replies
    1. ip standar nya 192.168.2.1, bisa di rubah2 sesuai kebutuhan.

      Delete
  32. Sudah beberapa kali mencoba login di 192.168.2.1 tapi ga masuk2, gimana ini gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenda o3 nya sekarang di mode apa gan ? Kalau di mode repeater memang susah untuk akses ke ip tendanya, solusi wifi utama di off kan dulu.

      Kalau via LAN coba ip pc/laptop di static ke ip tenda o3 nya.

      Delete
    2. Kalau nembak wifi 250 meter pakai tenda 03 enak nya pakai mode apa gan, mode WiSP apakah sanggup?

      Delete
    3. Sanggup gan, tergantung halangan dan rintangan nya juga sih...

      Delete
  33. Maaf gan, tenda 03 nya kepijit risetnya waktu psng,
    Trus dah sy seting di menu, wisp, tp ga konek ke internetnya ????
    Minta penjelasannya gan apa getaway nya ??

    ReplyDelete
  34. gan minta settingan tenda O3V2 sebagai client dong, makasih

    ReplyDelete
  35. Bang saya baru beli tenda 03 ketinggi an nya 17 meter bang.
    Bgitu saya pasang bang kok malah mati hidup mati hidup bang bang tenda 03 nya.
    Mohon ijin bang nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabelnya kurang bagus mungkin gan, jadi powernya kurang maksimal, harusnya sebelum di naikkan di test dulu gan.

      Delete
  36. Bang, kalo mau nembak wifi yg pake pemancar/tower gitu apakah pasang tenda 03 nya harus tinggi? Halangannya ada beberapa rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tenda O3 bisa untuk nembak kurang lebih 300 sampai 500 meter gan, dan itupun minim halangan, untuk antena sesuaikan saja kalau memang banyak pepohonan dan bangunan rumah lebih tinggi lebih bagus.

      Delete
  37. Gan sy punya tenda 06 APnya tidak memancarkan wifi apa solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung saya belum pernah pakai tipe tersebut jadi saya gak bisa jawab Bos, oh iya untuk tenda O6 bukannya 5Ghz yah ? jadi untuk perangkat penerimanya juga harus yang support 5Ghz gan....

      Delete
  38. Mau tanya gan...di rumah ada sinyal wifi....tapi kagak tau dari tenda apa buka...jika misal wifi bukan dari tenda......apa bisa nembak makai tenda 03?? Mhn infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada paswordnya gan....
      Trus apa bisa jika tenda 03nya di letakkan di dalam kamar??atau harus outdor??

      Delete
    2. Terserah gan, kalau indoor dapat sinyalnya kurang ya harus outdoor...

      Delete
    3. Kalau sinyalnya kadang hanya sampai 1 garis dan kadang hilang apa bisa di perkuat makai tenda 03??

      Delete
    4. Gimana settingnya gan kalau lewat hp??

      Delete
    5. Sama seperti lewat pc... ada buku manualnya yang bisa di baca.

      Delete
  39. gan ikut tanya ya...rumah dan kantor saya jarak garis lurus 900m menurut google map.di kantor harus pake apa gan?apakah bisa pake router wifi yang buat di dlm ruangan hanya saya taro di lantai 2 dan di luar jendela.sedangakn di rumah saya pake tenda 03.apakah bisa gan??

    ReplyDelete
  40. gan ikut tanya ya...rumah dan kantor saya jarak garis lurus 900m menurut google map.di kantor harus pake apa gan?apakah bisa pake router wifi yang buat di dlm ruangan hanya saya taro di lantai 2 dan di luar jendela.sedangakn di rumah saya pake tenda 03.apakah bisa gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minim halangan sih kemungkinan bisa gan, hampir 1km ya ? Lebih bagus sih di kantor pasang AP 5Ghz dan di rumah buat nembaknya juga pakai yg 5Ghz biar hasilnya mantap gan.

      Delete
    2. ada rekoment produk gan? murah tapi stabil gan.karna deket kan g sampai 1km.
      AP 5Ghz itu produk apa?yang murah kira2 pake apa gan?.makaish bgt bgt bgt gan....

      Delete
    3. Untuk nembak pakai litebeam M5, untuk Access Point di kantornya di samain aja lebih bagus.

      Delete
    4. klo pake tenda 03 bagus ga gan??lebih murah gt hehehehe jadi bisa beli 2 dengan harga 1 litebeam

      Delete
    5. Gak bisa memastikan gan, soalnya belum pernah nyoba pakai o3 jarak 900meter'an. Hehe

      Delete
  41. Malam bosku, rencana mau beli tenda o3, karena saya newbe jadi mau tanya2 dulu, jarak rumah ke wifi id cuma 10 meter, pake modem tl wn722n ketangkep pake tambahan katel di tempel pake kabel usb 5m, sinyal 1 bar lancar buffering, nah kalo pake tenda 03, bisa disebar lagi ga wifinya biar ga ke pc aja,maaf ya bosku, newbe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aja yang harus di beli bosku, biar sekalian, ato cukup tenda 03 aja

      Delete
    2. Tenda o3 aja sudah cukup, bisa sebar via LAN, dan via Wireless di Mode WISP.

      Delete
    3. Sama-sama gan, Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
    4. Bosku,kalo wifi id kan frekuensinya 2,4ghz kalo kita nembak sama tplink pharos cpe610 5ghz, bisa nembak dan sebar lagi ga? Apa frekuensi harus sama

      Delete
    5. Access Point wifi.id itu Dual Band, jadi dobel SSID 2,4 dan 5Ghz, kalau nembak pakai alat 5Ghz ya nanti terbacanya yang 5Ghz.

      Delete
    6. Kalo misal nembak yang 5ghz, bisa di sebar lagi dengan 2,4ghz ga suhu, ato 5ghz juga yang disebar. Soalnya ga semua perangkat 5ghz. Makasih

      Delete
    7. Bisa gan... Sebar mah bebas, tergantung alatnya (access point) yang dipakai, mau 2,4 atau 5Ghz bisa....

      Delete
  42. GAn mau nanya tenda 03 lampu sys ga berkedip itu apa masalahx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau gan... Coba reset... Kalau masih tidak berkedip kemungkinan lampu nya udah mati.

      Delete
  43. LAmpunya nyala tpi ga berkedip bru beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah lihat lampunya, yang penting performance nya, kalau bisa kerja sesuai fungsinya ya ga masalah gan...

      Delete
  44. Mau nembak wifi id 230meter dari rumah ga ketemu gan gmn solosix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak segitu access point wifi.id nya indoor apa outdoor gan ??? Kalau indoor ya bisa... Bisa pusing.... Kalaupun out door kalau banyak halangan dan rintangan juga susah....

      Delete
  45. Saya pasang indihome,trus saya mau sebarin ke area jarak miasl 1 km. Bisa kah pake tenda itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pasang indihome,trus saya mau sebarin ke area jarak misal 1 km. Bisa kah pake tenda itu?

      Delete
    2. Untuk jarak 1Km ++ akan lebih baik menggunakan alat yang 5Ghz, di rumah sampean pasang alat, di rumah client juga pasang alat untuk nembak. Kira-kira begitu, dan untuk lebih detailnya silahkan cari referensi lain atau bisa gabung di grup2 jaringan RT RW Net di Facebook.

      Delete
    3. Berarti harus beli 2 tenda ya. Karena yang saya beli ini tenda o6 5Ghz jarak 10 km

      Delete
    4. Ya di tempat client harus pasang alat gan, trus jangan tergiur dengan tulisan sampel ber kilo2 meter, karena ya bisa di kira2 sendiri lah.

      Delete
  46. Trus,apakah harus beli 2 tenda atau 1 saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang Access Point ditempat agan, dirumah client juga pasang alat. Biasanya alat untuk tangkap dan yang untuk sebar di indoor.

      Delete
  47. Siang gan rumah ane dekat sama kantor telkom 300m an kalau pasang tenda 03 trus disebarin buat langganan wifi id corner bulanan bisa ga ya
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jarak 300meter kalau los tanpa halangan sih mampu gan pakai tenda o3, nah sebaliknya jika banyak halangan bangunan2 rumah atau pepohonan terlebih access point wifi.id nya ada di dalam ruangan maka akan menyulitkan tenta o3 mendapatkan sinyal bagus... Silahkan di coba saja, karena kondisi lapangan yg berbeda-beda jadi tidak memastikan bisa atau tidak nya.

      Delete
  48. Om mhon pncerahan nya
    Wifi di rumah saya ingin di perluas pake tenda o3 tapi saya mau login nya ke mikrotik apkh bisa,..dan kalau bisa mhon setingan nya gan...msh awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksud nya begini : Wifi Rumah masuk ke mikrotik, dari mikrotik sebar pakai tenda o3 ??? Kalau topologinya seperti itu bisa banget, tenda o3 nya setting di mode Access point.

      Delete
    2. Iya seperti itu gan...
      Mhon info setingan nya gan
      Trimakasih

      Delete
    3. Tingga setting tenda o3 nya di mode Access Point.

      Delete
  49. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Mohon solusi sobat
    Tenda 03 sudah tak intal sesuai petunjuk, sudah muncul signal sudah tak konekan, tp untuk browser internet gak bisa, tolon mohon dibantu makasih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam...

      Tenda O3 nya untuk apa nih gan ?
      Apakah untuk :
      > Access Point (Memancarkan signal dari sumber internet yang sudah ada)
      > Repeater (Memperluas sinyal wifi yang sudah ada)
      > WISP (Nembak sinyal wifi dan untuk di sebarkan kembali)

      Delete
  50. GAn mau nanya, saya pakai indihome, saya hubungkan ke tenda o3 via lan, Saya set Tenda o3 diset Access Point via wifi, sesudah reboot tendanya, kok ga bisa connect ke SSID tenda o3 lagi ya, statusnya connecting terus...., terus masuk ke web tendanya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke default ip nya gan, 192.168.2.1 , kalau gak bisa perangkatnya di static ip iya, di sejarin dengan ip default Tenda O3 nya, kalau via LAN komputer juga sama.

      Delete
  51. IP tenda nya ini jadinya ngikut modemnya gan udah ga default lagi, jadi ga bisa masuk ke web tenda default ip. Connect via wifi ke tenda ga bisa jg. Maksidnya gimana gan perangkat yg mana yg di static nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putuskan dulu koneksi ke indihome nya, kabel yang ke modem indi di cabut dulu...

      Static = di atur ip nya di sesuaikan dengan ip standar alat yang mau di akses.

      Delete
  52. Utk tangkap&sebar/wisp, jarak dri main ap +-100m, lbh baik mna antara tenda o1, tenda o3 v.2 atau tp link cpe220. Ijin tanya mas

    ReplyDelete
  53. Gan mau tanya nih. Pemancar pake tplink cpe 220. Mau tak tangkap pake tenda ni koq gak bisa kluar ya sinyal/ssid nya??apa mungkin beda chanel ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak brapa meter gan ?
      Untuk channel cpe 220 nya di sett di channel rendah 1-6
      Silahkan dicoba-coba lagi gan semoga bisa....

      Delete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum gan... Ijin tanya.

    Ane punya tenda O3 dan CPE 220... Mo pasang sbg AP dan Client... Menurut agan bagusan alat mana yg jadi AP dan client...??? Dgn jarak mnrt gmaps -+ 900 m ... Maksh gan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah 900m jauh loh gan knpa gak pake 5Ghz aja, tapi di coba aja gan, o3 buat AP, client atau tembak pake cpe220 nya.

      Delete
    2. Sip gan ane dah coba... signal strengnya cuman 60 dbm di tenda 03 v2 nya.. mode acces point... kmdian di cpe 220 nya cman 58 dbm... ane coba inet.. lemot gan... :-) salah setingan atw gmna gan ????

      Delete
    3. Cek sumber internet nya gan, dari sumber internetnya brapa Mbps bandwidth nya, kemudian coba pilih Channelnya yang tidak interferensi di lokasi, dan lebih bagus lagi di kasih AP indoor gan, jangan langsung AP outdoo ke HP.

      Delete
  56. Tambahan gan ane punya alat itu sblm ane tahu dr agan lbh bagus paket alat yg 5ghz kalo jrknya jauh ... Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, lebih maksimal pakai 5Ghz, apalagi kalau banyak halangan bangunan rumah atau pepohonan.

      Delete
  57. Gan mau tanya nih. Di toko ada inet FM trus saya connect ke tenda o3 setting AP, trus penerimanya tenda N301 bisa ga gan? Jaraknya kurleb 160m tapi padet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... Kalau gak bisa N301 taroh di atas tiang (di modif), hehe... Biar maksimal beli tenda o3 satu lagi untuk tangkap, N301 nya untuk sebar di bawah.

      Delete
  58. Saya seneng baca blog ini. Maklum penasaran sama kemampuan si tenda O3. Dari 3 versi tenda O3 : v1,v2, dan v2 edisi revisi / rev.2. Mana yang terbaik kualitas dan kemudahan pengaturan nya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan client rumahan saya pake tenda o3 semua gan, dan AP utama saya pake tenda o3 juga, tapi saya gak pernah ngecek apakah itu v1, v2 atau v2 yang terbaru, jadi asal setting aja buat client oke... Ya udah gitu gan, jadi kurang tau kempuan plus minusnya dimana di masing2 versinya. Terimakasih sudah mampir ya Gan....

      Delete
  59. Apa ada langkah langkah / cara yang bisa saya jiplak buat usaha RTRW net ya Mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambil baca-baca lagi mas... Nanti ketemu sendiri cara-cara nya.

      Delete
  60. saya mau memancarkan indihome saya dengan Tenda 03 di outdor di set AP.. agar sinyal bagus yang konek HP bagaimana caranya ? kira2 sanggup berapa meter..
    dan lokasi yang mau disebar cukup padat rumahnya di dalam gang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jangkauan bisa langsung ke hp kurang lebih hingga 100meter, dan tenda o3 memancarkan hanya searah, jadi misal di hadapkan ke barat, maka yang dapat sinyal yang ada di sebelah baratnya alat tersebut, sedangkan yg di sebelah timurnya alat blankspot atau tidak mendapatkan sinyal, jadi butuh beberapa unit untuk dihadapkan ke lokasi target. Untuk settingannya silahkan di sesuaikan sendiri di lokasi gan, karena beda tempat beda pula rasanya.

      Delete
  61. assalamualaikum, maaf gan mau minta solusinya, saya bikin hotspot voucher di konter saya dengan menggunakan tenda 03 sebagai ap, trus saya tangkap lagi di kontrakan saya +- 700m dengan menggunakan tenda o3 juga pake mode wisp, internet nya bisa konek tapi vouchernya login 1 orang yang lain otomatis ikut nyambung, itu kenapa ya ? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mode WISP gan... Solusinya pake mode Bridge.

      Delete
    2. boleh ikut bantu saran gan, masalah 1 voucher bisa pakai bersama, umumnya di mikrotiknya harus di seting sesuai kebutuhan 1 untuk 1 client misalnnya diset 1 maccaddress nya gan, dan tenda 03 Baik Macc dan IP di masukan dahulu ke dalam mikrotik, ini masalah autentikasi login hotspot karena router tidak bisa login sendiri.

      Delete
    3. Untuk set "share user" walaupun sudah diset 1, kalau ditembak pakai mode wisp tetep aja bisa dipakai rame2 gan.

      Delete
  62. Maaf mas mau tanya..saya kan sudah pakai tenda f3 tapi penyebaran sinyalnya hanya disektar rumah saya tapi kebelakang rumah saya gak nyampe sinyalnya apakah kalau ditambah pasang tenda 03 bisa memperluas sinyal kalau bisa mohon bantuan caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tenda f3 mode repeater, pasang di ruang belakang yang minim sinyal.

      Delete
    2. Kalau misal pakai tenda 03 buat nyebar sinyalnya bisa gak mas soalnya kn saya sudah ada tower wifi trs pakai routernya f3 cuman sinyalnya ada sekitar rumah doang itupun kebelakang gk ada..tenda 03 nya buat nambah jarak sinyalnya dipasang di tiang wifi nya gitu mas bisa ke tetangga minimal 3 rumah gak y.?

      Delete
    3. Bisa mas... Biar maksimal di rumah tetannga juga di kasih alat, kalau dari AP utama langsung ke hp bisa sih, namun kalu masuk rumah kadang susah... Baik nya di coba langsung biar gak penasaran. Kondisi lapangan berbeda, hasilnyapun tentu berbeda.

      Delete
  63. Kalau misalkan topologinya

    WMS > (wireless) o3 > (LAN) mikrotik > (LAN) AP > (wireless) client

    Bisakan ?

    Pertanyaan selanjutnya, kan WMS harus login terlebih dahulu utk mendapatkan akses internet.

    Kita login wms tersebut dmna ? Apakah di o3 atau mikrotik ?

    Saya baru belajar dan ada perangkat rb750r2 yg blm ada wireless, mohon pencerahannya selain beli rb support wireless.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau topologi seperti itu bisa aja sih namun agan nanti capek harus login login terus gan, loginnya di web browser setelah di tengkap o3, kemudian masuk ke mikrotik.

      Kalau saran saya mendingan o3 nya ganti alat yang suppor PEAP kemudian tangkapnya SSID seamless@wifi.id . Jadi gak kepikiran login login dan login lagi.

      Semoga bisa membantu ya gan.

      Delete
    2. itu jga yg jdi masalah, tidak ada ssid seamless@wifi.id

      jadi skrng saya akali kayak gini

      WMS (wiresless) > KOMPUTER (LAN) > MIKROTIK (LAN) > AP (wiresless) > CLIENT

      dri wifi konek ke PC, lalu dari PC tsb internet di share via ethernet ke mikrotik. (jadi sumber inet utk mikrotik dari PC)

      memang benar kata Mas, harus login login lagi.

      .
      .

      tapi kalau emang tenda o3 bisa digunakan seperti topologi komen pertama saya, tidak apa2 login login lagi.

      dripada sekrang pakai PC terus, kasian nyala tiap hari tanpa mati2
      hehe

      Delete
    3. iya bisa Mas, o3 nya set aja di mode client atau wisp, dan hp siap konek ke ssid o3 untuk login, dan jaga2 kalau pas log out dan minta login lagi.

      Delete
    4. satu lagi Mas :)

      yang saya maksud itu, client tidak langsung konek ke ssid o3 tapi ke ssid dari AP yang sumber internetnya jadi mikrotik.

      jadi client tidak konek ke o3 dan tidak login wifi.id tapi login hotspot mirkrotik yang sinyalnya disebarkan oleh AP lagi.

      terimakasih Mas, sukses terus :)

      Delete
  64. Gan WiFi sodara saya sekitar 100m saya mau tembak butuh 2 device 03 apa saya pakai 1 saya untuk nembak terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau banyak penghalang sih di buat poit to point aja gan, di rumah saudara pasang o3 untuk memancar, di rumah agan pasang o3 untuk tangkap, kemudian di dalam ruangan rumah agan kasih router indoor untuk memancarkan.

      Delete
  65. Bisa minta nomer HP gan ,,biar kalau tanya bisa akurat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan, di menu About... Klik menu di bawah header blog.

      Delete
  66. Mo tny gan..sy mo tmbak wifi kantor dg jrk sktr 100 mtrn..apa tenda 03 nya hrs di pasang tinggi ? Sy sdh msk d mode wisp.next next.dn sdh rebot..stlh rebot.stlh itu apabyg hrs sy klik spy bs masuk k wifi yg sy tembak.mksh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih mode wisp next scan... Cari dan pilih wifi target yang mau di tembak. Next next... Selesai. Gan...

      Delete
  67. Paling optimal dipasang di ketinggian brp mtr gan supaya dapat sinyal full utk jarak tembak 300 mtr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung lokasinya gan, kalau ga ada pohon2 dan bangunan tinggi 10 - 15 meter cukup.

      Delete
  68. Jadi ceritanya begini. Di rumah ortu pasang wifi speedy. Dan saya mau nembak dari rumah sendiri dengan jarak 200 meter an. Ada halangan gedung 2 lantai. Rumah ortu sendiri juga 2 lantai (modem bawaan speedy di taruh di lantai 2). Rumah ku juga 2 lantai.

    Pertanyaan nya :
    1. bisa kah tenda O2 ini sebegai WISP, dengan kasus tersebut?
    2. kita pasang di ketinggian berapa ya kira kira?

    ReplyDelete
  69. sinyal pul tapi sering ilang terus

    ReplyDelete
  70. gan...saya pake indihome, pengen tak perluas sinyal wifinya biar nyampe jarak skitar 100-200 meter.soale tetangga banyak yg make wifi saya. saya ada tenda o3v.1 sama tenda F3.harus pake yg mana trus setting di mode apa biar langsung konek handphone.tenda 03 udah tk pasang 5meter dr tanah. mohon tutorialnya.makasih boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100 meter langsung hp tidak bisa kecuali kondisi los tidak ada halangan.

      Tenda o3 di buat access point utama (mode Access Point)... Di rumah tetangga juga pasang tenda O3 (mode client / wisp) kemudian dari tenda o3 sambung tenda f3 pasang di dalam rumah.

      Jadi setiap rumah yang pakai pasang 2 alat, o3 dan f3.

      Semoga bisa membantu.

      Delete
  71. Kl 600m.. Client sm ap sm2 pake tenda sampe g ya om? Terus ketinggian nya minimal Brp m?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minim halangan bisa gan. Ketinggian sesuaikan saja dengan kondisi di lokasinya gan.

      Delete
  72. Sy Coba pasang 2 tenda O3 di lift, set AP dan client, koneksi ok, tapi sering sekali putus2, di client terhubung ke IP cam. Sy set AP client Dan camera dg ip 1 segment. Tanpa gateway. Knp koneksi putus2 trs, jarak atas bawah kurang lebih 100 m

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber internetnya putus2 gak gan ??? Coba setting channel nya di AP yang pertama. Setting juga untuk yang di AP kedua. Untuk client camera saya belum pernah mainan jadi kurang tau. Hehe

      Delete
  73. pakai tenda 03 mode wisp. mode standrt bawaan sya tgl saya next aja.
    internet dapat 3 garis sinyal bar di page tenda 03.
    tapi bila buka Whatsup dr hp mauoun laptop ada jeda jam pasir..?
    ada saran biar lancar, apa hrs ada router/ap yg harus ditambah kah.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya di coba aja gan di utak atik lagi, kalau ngomongin yang begituan emang agak ribet, ada kemungkinan bw kecil dari sumber yang ditembak, mungkin juga dapat sinyalnya kurang, dll.

      Delete
  74. Assalamu'alaikum mas, salam kenal, Mo nanya nie, pemeeintah kota Ada program WiFi gratis, di titik2 tertenru, dekat rumh jarak Kira2 100 m an, saya temabak n sebar pake twnda o3 INI mode wisp, namun kok sering eror y mas, maksudnya terputus sendiri, kadang baru satu Hari, kadang lebih, nggak tentu pokoknya. Jasi saya musti reset lagi tendanya, Ada masukan untuk INI mas, makasih sebelumnya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam....

      Wifi yang di tembak bagus gak koneksinya ?
      Sering putus kemungkinan dapat sinyalnya kurang bagus, kalau tembak wifi indoor di buat poin to poin biar maksimal, 100 meter nembak indoor pasti hasilnya jelek.

      Delete
  75. Saya mau nembak target WiFi Indihome dari jarak 300m.
    Saya pasang tenda n301 di rumah target dan saya sendiri pakai tenda 03 untuk nangkap sinyal WiFi dari n301...
    bagaimana settingan nya mas, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak pake 03 semua gan, untuk settingannya : memancarkan mode Access Point, dan yang untuk nangkap pake mode WISP atau mode Client.

      Delete
  76. Kalau nangkap wifi yg pakai username,gmail,no.hp gimana gan, dan cara menyebarkan pakai satu tebda 03

    ReplyDelete

Post a Comment