Tiga Belas Net
Mikrotik RouterBoard adalah sebuah alat networking yang berfungsi untuk memanajemen bandwidth dalam sebuah jaringan, mikrotik router board biasa dipakai di warnet, warung kopi yang menyediakan hotspot wifi dengan voucher, warung wifi corners, perusahaan besar dll.
Mikrotik routerboad membawa fitur Backup dan Reboot yang bisa di lakukan setiap waktu yang kita inginkan, namun disini saya akan berbagi Cara Membuat Mikrotik RouterBoard Otomatis Backup dan Reboot

Backup adalah menyimpan pengaturan terakhir untuk mengatisipasi jikalau terjadi masalah dengan pengaturan yang kita buat(lagi), jika pengaturan sebelumnya sudah di backup, maka jika ada masalah dengan mikrotik routerboard, kita tinggal me-restore nya.

Reboot adalah mematikan atau menghetikan sejenak kemudian otomatis menyala lagi dan bekerja lagi, melakukan reboot sangat penting untuk mikrotik routerboad kita, kenapa ? mikrotik yang bekerja terus menerus tanpa henti pastinya kelelahan, log menumpuk, prosesor semakin panas, maka mikrotik routerboard biasanya semakin loyo atau respon berkurang dan kurang maksimal, oleh karena itu kita perlu merebootnya secara rutin.

Untuk membuat pengaturan Mikrotik routerboard membackup dan roboot secara otomatis di butuh kan sebuah script, script ini berjalan otomatis sesuai pengaturan yang kita buat, kerjanya sama seperti auto remove user yang sudah ekspired.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masuk ke Winbox, kemudian ke menu System kemudian pilih Script 

2. Di tab Script List klik icon + untuk membuat script baru, lihat gambar berikut..


Masukan Script ini :
if ([len [/file find name=tigabelasnet.backup]] = 1) do={[/file remove tigabelasnet.backup]}
if ([len [/file find name=tigabelasnet.backup]] = 0) do={[/system backup save name=tigabelasnet.backup]}

Sebelum membuat Scheduler alangkah baiknya test terlebih dahulu apakah script berjalan atau tidak, dengan mengklik Run Script kemudian buka menu Files dan lihat apakah ada file bernama xxx.backup, kalau ada artinya script berjalan dengan baik, dan sebaliknya jika tidak ada maka kemungkinan ada kesalahan dalam menulis script, lihat gambar berikut...


3. Membuat Scheduler , agar supaya setiap jam berapa dalam berapa hari Mikrotik RouterBoard otomatis melalukan Backup dan Reboot, saya contoh kan Mikrotik RoterBoard saya melakukan backup otomatis setiap hari pada jam 03.00 dan Reboot pada jam 04.00, caranya sebagai berikut :

Ke menu System kemudian pilih Scheduler , kemudian tambah Scheduler baru dengan mengkik +


Jangan lupa memasukan script yang sama seperti di atas, kalau sudah klik Apply dan Ok.

Selesai membuat Pengaturan otomatis Backup, untuk membuat Pengaturan otomatis Reboot cara nya sama hanya berbeda di scripnya saja, untuk scripnya sebagai berikut :
/system reboot
y


Demikian Cara Membuat Mikrotik RouterBoard Otomatis Backup dan Reboot, jika ada yang kurang jelas silahkan corat coret saja di kolom komentar, Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda yang baru belajar di mikrotik seperti saya, Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :

Cara Mendaftar Berlangganan Indihome dan Wifi id Dengan Mudah

Review Mikrotik RB750r2 hex Lite dan Cara Configurasi Userman Wifi Hotspot

Membuat User Trial Mikrotik dan Script Untuk Template Login Yang Sudah di Modifikasi

Post a Comment