Tiga Belas Net
Tiga Belas Net
Ketika pertama kali bermain alat yang namanya Mikrotik pasti kalian penasaran ingin mengubah atau memodifikasi sedemikian rupa, dari tampilannya, configurasinya dll. seperti halnya saya setelah sukses configurasi untuk menjadikan wifi hotspot saya berkeinginan untuk mengubah tamplate login page, menyertakan user trial dan lain sebagainya.

Untuk postingan kali ini saya mencoba sharing cara membuat user trial mikrotik dan sekalian scirpt untuk template login yang sudah di modifikasi, lansung saja ke tutorialnya...

Oh iya kalau tamplate login page kalian masih standar atau belum di modifikasi, kalian tidak perlu menambahkan script ini, script ini hanya untuk yang tamplate login page nya sudah di modifikasi namun tidak ada fitur login user trial nya.

Yang pertama kalian configurasi mikrotik melalui winbox,

IP > Hotspot > User Profile
Tambahkan User Profile, kasih saja nama Trial, kemudian isi Shared Users, artinya user trial bisa di akses bersamaan berapa orang, isi saja 20, kemudian isi Rate Limits, nah untuk yang ini batasan Upload Download, ini kan untuk trial saran saya tidak usah di batasi supaya calon user tahu kalau internet wifi hotspot kalian kecepatanya bagus, jadi tidak usah di isi. kemudian klik Apply dan OK.

Setelah membuat User Profile kemudian ke tab Server Profile
Pilih Server Profile yang sudah kalian buat, kemudian ke tab Login, di Menu Login by pilihan Trial kasih centang alias di aktifkan, kemudian atur Trial Uptime Limit nya, ini artinya mau berapa lama kalian memberi waktu untuk user trial, misalnya 30 menit, maka user trial bisa menikmati selama 30 menit. Setelah itu isi Trial Uptime Reset, artinya apa ? ini artinya waktu untuk bisa menikmati user trial lagi. misalnya kalian isi 1d = 1hari maka perangkat yang sudah menggunakan user trial mau menggunakannya lagi nunggu waktu 1d atau 1hari. Kemudian klik Apply dan OK

Baca Juga : Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard


Selanjut nya menambahkan script User Trial di Tamplate Login Page yang sudah di modifikasi namun template tersebut tidak ada fitur User Trialnya..

Buka folder file tamplate kalian, dan pilih file login...

Kemudian masukan script berikut :

Gratis 30 menit : $(if trial == 'yes')<a style="color: #FF8080"href="$(link-login-only)?dst=$(link-orig-esc)&amp;username=T-$(mac-esc)">KLIK DISINI</a>$(endif)            <p>&nbsp;</p></div>

Untuk letak dan kalimatnya bisa kalian ubah-ubah sendiri sesuai keinginan.

Save dan instal ke Mikrotik kalian, maka tampilan login page sudah ada fitur user trial.

Sampai disini saja, jika ada pertanyaan silahkan corat-coret saja di kolom komentar di bawah.
Terimaksih atas kunjungannya.....

Baca Juga :

Membangun Jaringan Wifi Hotspot RT RW Net dengan Modal 1 Juta

Tp-Link CPE 220 Configurasi Menggunakan PC dan Smartphone

Cara Mendaftar Berlangganan Indihome dan Wifi id Dengan Mudah

1 Comments

  1. Salam dari Bantul Yogyakarta....mau tanya Bang.. klo buat auto script trial.. tapi user bisa tersambung internet tanpa klik dan tanpa isi trial.
    Matur Nuwun

    ReplyDelete

Post a Comment