Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard
Tiga Belas Net


Kepikiran untuk memanfaatkan Port atau Ether Mikrotik yang nganggur untuk dijadikan Master Port atau biasa disebut juga dengan Bridging Mikrotik RouterBoard ternyata caranya sangat mudah, kenapa saya kepikiran untuk membuat Master Port atau Bridging ? karena saya menggunakan beberapa Access Point yang sengaja saya konfigurasi di Port atau Ether yang sama dan pastinya di IP yang sama. 

Sebagai contoh anda menggunakan Ether atau Port 2 untuk dijadikan port Access Point, sedangkan anda akan memasang beberapa Access Point dalam satu IP misalnya 3 buah, Anda tinggal membeli Switch Hub kemudian colokan ke Port 2 dan  Access Point ketiganya tersebut tinggal colokan saja ke Switch Hub selesai

Namun disini saya akan sharing Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard agar supaya port-port yang nganggur bisa kita manfaatkan sebagai Switch Hub agar bisa digunakan untuk beberapa Access Point.


Langsung saja ke langkah-langkahnya...

1. Koneksikan perangkat anda dengan menggunakan koneksi internet dari mikrotik, kemudian buka Winbox

2. Setelah berada di Winbox, silahkan pilih Bridge

3. Buat Bridge baru dengan mengklik logo + dan isi nama terserah anda, jangan lupa beri centang di Fast Forward, kemudian pindah ke tab STP Protocol Mode pilih none, kemudian Apply dan Ok
Tiga Belas Net
Tiga Belas Net
4. Masih di menu Bridge kemudian pindah atau klik tab Ports, membuat atau menambahkan Port-port mana saja yang akan di Bridge, klik logo + , klik di interface untuk memilih port atau ether mana yang akan di bridge, kemudian klik Apply dan Ok, lakukan cara yang sama untuk ether-ether yang lain, kalau saya membuat Bridging untuk port 2345 maka akan seperti pada gambar berikut :

Tiga Belas Net
Tiga Belas Net
5. Setelah selesai konfigurasi Bridge, kemudian langsung menuju DHCP Server, IP > DHCP Server
di DHCP Server kalau anda sebelumnya sudah membuat, anda tinggal memindahkan Interface nya ke Bridge yang tadi anda buat, klik Apply dan Ok, jika bingung silahkan lihat gambar berikut :
Tiga Belas Net
6. Langkah selanjutnya, jika anda mengkonfigurasi untuk Hotspot, maka anda tinggal memindahkan Interface nya di Server Hotspot, IP > Hotspot > Servers , Interface pilih Bridge yang sudah anda buat tadi. lihat gambar berikut :

Tiga Belas Net
7. Yang terakhir memindahkan Interface di IP Address, IP > Address , Pilih IP yang di gunakan Mikrotik untuk Access Point, kemudian pindah atau pilih Interface Bridge yang sudah anda buat tadi, klik Apply dan Ok, lihat gambar brikut :

Tiga Belas Net

8. Reboot Mikrotik, System > Reboot

9. Selesai, Silahkan colokan Access Point ke Ether yang sudah di Bridging,


Demikian  Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard, Jika ada yang kurang dimengerti tanyakan saja di kolom komentar, Silahkan share jika artikel ini bermanfaat, Terimakasih

2 Comments

Post a Comment