Tiga Belas Net
TOTOLINK CP300 adalah sebuah alat networking yang berjalan di freq 2,4G, dan bisa mencapai kecepatan hingga 300Mbps, Totolink CP300 dirancang untuk outdoor, yang bisa tahan air hujan dan panas sinar matahari. Alat ini dapat di fungsikan sebagai Access Point, WISP, Client, dan Repeater, sehingga cocok untuk anda yang mencari Access Point dengan harga yang cukup ramah di kantong, alat ini juga biasa digunakan untuk menembak sinyal wifi dan untuk disebarkannya kembali, pemakaian saya alat ini untuk Hotspot Voucheran juga terbilang stabil dan bisa di maksimalkan untuk PTP (point to point).

Untuk sobat yang baru membeli alat ini, pastinya dapat mengkonfigurasikan nya, karena menu pengaturannya terbilang cukup mudah di pahami.


Baca Juga :  Mikrotik Router Board RB450GX4 Unboxing dan Spesifikasi


Saya membeli Totolink CP300 dengan harga 400 ribuan di salah satu toko online, harga nya memang tidak jauh berbeda dengan merek sebelah, kalau boleh saya bandingkan Totolink CP300 dengan Tenda O3 menurut saya lebih bagus Totolink CP300, mungkin pengaturan saya yang belum bisa menukan yang maksimal.


Dan berikut ini adalah beberapa foto yang saya ambil ketika Totolink CP300 saya belum mengudara :


















Hari pertama mengudara saya belum menemukan konfigurasi yang maksimal, namun setelah bekeliling tanya-tanya di google akhirnya Totolink CP300 saya terbilang stabil dan maksimal untuk Access Point Voucheran.


Baca Juga TOTOLINK CP900 Access Point 5Ghz Handal Harga Murah


Berikut ini konfigurasi nya :

Masuk ke menu Wireless, kemudian pilih Advanced Settings

Region saya pilih : Indonesia
Band : B+G+N
Channel Width : 40MHz
Channel Number saya pilih : 7
Data Rate : Auto
Fragment Threshold :1024
RTS Threshold : 1000
Beacon Interval : 75
dan yang lain biarkan saja default


UPDATE.....! 

Dan setelah saya utak-atik lagi, saya mendapatkan konfigurasi yang lebih stabil dan lebih responsive, berikut konfigurasinya :

Semuanya biarkan saja default, hanya merubah di Beacon Interval nya menjadi 512 yang nilai defaultnya 100, coba dan rasakan perbedaanya.....


Baca Juga : Cara Paling Mudah Remote Mikrotik Jarak Jauh Dengan OVPN Gratisan


Demikian ulasan tentang Konfigurasi TOTOLINK CP300 Agar Lebih Stabil dan Maksimal Untuk Access Point Hotspot Voucheran, jika tidak sama atau berbeda dengan konfigurasi andalan sobat bisa jadi kondisi dan lingkungan yang bisa mempengaruhi. Dan jika ada pertanyaan ataupun mau berbagi pengalamannya menggunakan Totolink CP300, boleh corat-coret saja di kolom komentar.

76 Comments

  1. Repeater portable lain ya bisa tidak ya ? Spt merk xiaomi ?

    ReplyDelete
  2. buatin tutorial nembak wifi id pake alat ini donk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak perlu tutorial, tinggal pasang alatnya, set ke mode WISP, Scan wifi, pilih wifi.id, yang terakhir login bia web browser, selesai gan....

      Delete
  3. Om Kalo untuk Seamless@wifi.id sudah bisa ? kalo belum buat tutorialnya dong OM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cp300 tidak bisa untuk nembak seamless. Kecuali cp300 yang firmware nya DDWRT.

      Delete
  4. Om, CP300 supaya bisa diremote dari AP pusar (bukan di tempat client) gmn caranya ya? Mode client(Bridge station)

    ReplyDelete
  5. Mantap mas sangat stabil hanya merubah 512 saya sudah jos.

    ReplyDelete
  6. Kalau ap oke cp 300 terus cleqnt mnggunkan betis wf2411 apa bisa om pie nude ppoe.. punya saya kok GX konek Mulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. CP 300 support ppoe, harus nya bisa gan, coba cek settingan ppoe di Mikrotik nya.

      Delete
  7. Kalau untuk wifi voucher gimana gan caranya ?
    Apakah sama dengan cara wifi id

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk jual hotspot ke tetangga jarak 200meter masih enak kah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kondisi lapangan los mungkin bisa, kalau padat bangunan dan pepohonan poit to point saja gan... di rumah tetangga kasih alat untuk nangkap AP utama.

      Delete
    2. Bang alat ap yg murah untuk nangkap ap utama buat bisa di pake tetangga jarak 100 meteran dan untuk nngkap ap utama di jarak 500mtran alatnya yg stabil n murah rekomen nya apa bang

      Delete
  9. Bermanfaat sekali hasil risetnya, mau tanya kalau Channel Width (biasanya 20/40MHz) nya apakah bisa di set ke 5 MHz / 10 MHz seperti di tp-link ?

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak ada pilihan untuk settingan tersebut gan, hanya tersedia 20/40MHz

      Delete
  10. setingan yang default berapa saja gan sudah saya otak atik lupa default

    ReplyDelete
    Replies
    1. ip default 192.168.1.1 kalau sudah dirubah yang tau yang ngerubah gan, kalau lupa ya susah kecuali sudah di binding kalau pakai mikrotik.

      Delete
  11. Apakah totolink ini support test mode biar support sampe channel 250an kyk merk tp link cpe?
    Makasi gan

    ReplyDelete
  12. apakah totolink cp300 bisa meng-cover 100 user/device secara bersamaan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah sampai ada user client sebanyak itu gan, dan sepertinya tidak bisa.

      Delete
  13. cp300 kok sering RTO itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat AP sering RTO, tp dari indihomenya sendiri ping lancar
      panjang kabel dari POE ke cp300 apa ada pengaruhnya (panjang kabel 15m)

      Delete
    2. Saya udah lama pake gan, AP pusat pake Toto CP300 aman, pake kabel 15Meter juga, cek settingan nya, kabel, dan crimpingannya gan barang kali ada yang kurang oke.

      Delete
  14. Kira2 bisa gak ya dibikin buat reapeter hotspot voucheran, jadi org2 yg tercover gak usah log in lagi klo berpindah tempat , selama ini banyak nya bikin repeater tapi dengan ssid yg beda, jadi klo client hp pindah dan masuk dissid yg beda mesti log in lagi

    ReplyDelete
  15. Maksimum clientnya brp kr2 ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. 18 client rumahan masih aman, bawa BW 2Mb per client. untuk maksimumnya belum tau gan.

      Delete
    2. 18 client rumahannya itu clientnya pake totolink smua gan?
      n itu 1 ap 18 client apa gimana?
      punya saya baru 5 ap dah ngap2an

      Delete
    3. 1 AP untuk 10 client masih mampu gan, tergantung bandwidth yang diberikan untuk tiap2 clientnya. hehe...

      Delete
  16. Totolink n300rt tidak ada indonesia kenapa ya

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Kalau n300rt bagaimana cara membuatnya vouceran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya untuk Access Point Voucheran gan... setting di mode AP (Access Point) kemudian DHCP nya di disable.

      Delete
  19. Bisa nembak wifi wms pake mode client gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa... Nembak venue nya kan, kalau untuk seamless gak bisa.

      Delete
  20. Di ganti 512 malah gak terbaca bos wifinya..apa ada yang salah ya

    ReplyDelete
  21. Gan punya ane ga bisa masuk login totolinknya gan...masuknya malah ke ZTE F609 gan...padahal wifi wifi connectnya ufh jelas ke cp300....aneh...bagaimana ya gan caranya...

    ReplyDelete
  22. Maksimal tampung user cm 64 ternyata. Ada cara utk menambah kuota user lg mas?

    ReplyDelete
  23. Gan sy setting ap. Buat masuk wifinya cuma menyambungkan? Knapa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber internetnya darimana ? Setting nya belum benar mungkin gan...

      Delete
  24. Ap pusat tenda 03 vs Toto cp300 untuk client apakah bisa?

    ReplyDelete
  25. Gan saya baru beli totolink saya atur sebagai AP dengan kecepatan internet 20 mbps panjang kabel utp outdoor 20 meter tapi mengapa kecepatan internet yang keluar cuma 4mbps

    ReplyDelete
  26. Gan saya baru beli totolink saya atur sebagai AP dengan kecepatan internet 20 mbps panjang kabel utp outdoor 20 meter tapi mengapa kecepatan internet yang keluar cuma 4mbps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan menggunakan kabel yang bagus, atur2 lagi channel, dan RF Output Power nya.

      Delete
  27. Ok.. gan akan saya coba .. seperti pengaturan agan..
    Oea.. RF output power itu apa gan..?

    ReplyDelete
  28. bang saya kan ada wifi repeater di tetangga totalnya 3 masing" terdapat 3 handphone dll, agar internet stabil tanpa ada lemot di setiap rumah tuh gimana ya bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau internet dari sumbernya memang kecil ya pasti lelet gan, kalau bisa sih jangan di ripet mending tarik kabel saja lebih aman dan stabil.

      Delete
  29. mas cp300 saya buat nembak kok speed mbps nya menurun ya padah jarak tembak cm 10 meter. tp saya tembak dengan tenda biasa speednya gak menurun sama sekali real seperti aslinya. gmn cara setting agar cp300 speed nya biar tidak menurun yg td nya 20 mbps jd 4 mbps

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak tarik kabel aja Bang ?, heheee...

      Coba kecilin RF output powernya, disisi pemancar dan di penerimanya.

      Delete
  30. mas mohon di jawab , saya tembak wifi jarak kira2 100m pake cp300 , tapi signal strength nya gak ada muncul 0 . dan ada bacaan tidak ada data ? it kenapa mas ya , 🙏

    ReplyDelete
  31. Saya punya wifi voucer untuk sekitaran rumah saya
    Ada gak batas pengguna sampai brapa orang??
    1lg klo jaringan nya gak full suka lelet buka vidio n sbagai nya
    Kasi saran donk mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapasitas user / pengguna ya tergantung alat yg dipakai... kalau untuk voucheran langsung ke pengguna hp saran saya pakai router indoor. kalau outdor untuk point to point.

      Delete
  32. Replies
    1. kalau outdoor untuk point to point di freq 2,4 saya pakai totolink cp300, untuk freq 5Ghz saya pakai cp900.

      Delete
  33. Terima kasih infonya. klo pengalaman saya di cp300 ini naikin saja jadi date rate jadi 24M atau 36M. sinyal strenght jadi naik & stabil di kisaran 80%.sebelumnya di antara 60 - 80% naik turun. cuma cpu load jadi agak naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berbagi mas... nanti saya praktekan, hehe....

      Delete
  34. klo langsung hp mgkin lebih stabil chanel width 20mhz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tapi tidak recommended untuk langsung user hp, untuk Point to Point baru josss....

      Delete
  35. Mas CP300 ngak bisa di seting berulang-ulang ya..??
    Apa 1 PC harus sekali settingannya..??

    ReplyDelete
  36. mau tanya mending 20mhz/40mhz untuk ap vocheran dg bw 1,7mbps
    kondisi lapangan banyak rumah

    trimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau langsung ke pengguna hp 20Mhz lebih di sarankan, atau pilih saja yang 20/40Mhz.

      Delete

Post a Comment