Tiga Belas Net
Bagi anda yang bermain di jaringan Mikrotik, terutama penggiat rt rw net, pastinya terus memonitor jaringan anda setiap saat, nah apabila sedang berada di luar jaringan, atau berada di luar kota jarak jauh dari tempat server, apakah masih bisa meremote atau memantau nya ? Tentu saja bisa Sob...

Di artikel kali ini saya akan berbagi cara paling mudah untuk memantau atau meremote Mikrotik dari jarak jauh menggunkan Open VPN atau OVPN gratisan.

Mungkin anda yang menginginkan untuk bisa meremote Mikrotik nya dari jarak jauh silahkan ikuti langkah-langkah nya sebagai berikut :

1. Pertama anda harus sudah mempunyai akun OVPN, kalau belum punya silahkan buat terlebih dahulu, disini saya contohkan menggunakan akun OVPN yang saya buat di "https://tunnel.my.id/" , silahkan Register, kemudian konfirmasi Email, dan langsung saja login menggunakan akun yang sudah di buat, saya kira untuk proses Register sangat mudah dan anda pasti bisa,


Jika sudah login, silahkan buat akun VPN nya, caranya klik menu VPN di bagian kiri, kemudian klik Add VPN Account

Kemudian pilih Lokasi Server, disini saya membuat yang gratisan maka pilih salah satu server us seperti gambar berikut :

Selanjutnya isi username dan password terserah anda minimal 5 karakter dan klik Save, maka akun VPN anda sudah siap untuk di gunakan.



2. Setting di Mikrotik nya , silahkan masuk ke Mikrotik menggunakan Winbox di pc anda

Setelah masuk di Mikrotik, klik menu Interfaces > di interface list klik tambah + dan pilih OVPN Client,

Buat Name terserah anda, kemudian ke tab Dial Out, isi Connect to dan Port dengan Server yang sudah anda buat, untuk Mode pilih ethernet, lanjut masukan username dan password VPN anda, dan Profil pilih saja Default, kemudian klik Apply dan OK


3. Di Winbox masuk ke menu Tools > Netwatch

Klik tambah kemudian isi Host yang sudah di berikan dari layanan VPN nya. klik Apply dan OK



Selesai.


Baca Juga : Mikrotik Router Board RB450GX4 Unboxing dan Spesifikasi


Silahkan anda tes dengan Meremote Mikrotik anda menggunakn jaringan yang berbeda, contoh menggunakan jaringan selluler anda.



Oh iya.. mengingat server yang di buat menggunakan server gratisan, maka biasanya susah untuk connect ke server, namun jika langkah-langkahnya sudah benar saya pastikan bisa, namun terkadang susah karena server vpn nya mungkin down, saya sarankan untuk menggukan server vpn yang  berbayar dan pilihlah server yang dekat yaitu server indonesia, di "https://tunnel.my.id/" juga menyediakan dengan harga terjangkau.


Demikian artikel tentang Cara Paling Mudah Remote Mikrotik Jarak Jauh Dengan OVPN Gratisan, semoga bisa bermanfaat, Terimakasih telah berkunjung.

4 Comments

  1. Sama-sama gan, Terimakasih sudah mampir. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum gan
    Maf sya mau tnya knpa ya pas daftar malah ada pemberitahuan Quota VPN server ini sudah penuh.
    Mohon penjelasan nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pas sya dftar di android

      Delete
    2. Kemungkinan udah full yang gratisannya. agan bisa pilih yang berbayar.

      Delete

Post a Comment