Tiga Belas Net
TOTOLINK A830R adalah sebuah alat jaringan yang berfungsi sebagai router dan access point, Totolink A830R juga bisa digunakan untuk menangkap sinyal wifi yang kemudian untuk di sebarkannya kembali, tidak hanya itu saja, alat ini juga bisa untuk memperluas sinyal wifi yang sudah ada.

Saya membeli Totolink A830R ini dengan harga Rp. 250.000 melalui toko online Shopee di toko Official Totolink.id, seperti biasanya pengiriman ke rumah membutuhkan waktu 3hari.

Sesampainya dirumah saya langsung membuka paketannya, dan taraaa... bentuknya kotak gan, keren banget, kecil dan simpel saja sih, namun terlihat kokoh.

Di dalam kardus terdapat Unit Totolink A830R, Power adaptor, Kabel LAN, Kartu Garansi, dan Buku manual. oh iya ada bonus lampu usb juga, lumayan lah buat jaga-jaga kalau pas mati lampu, hehe....

Di bagian depan Totolink A830R terdapat logo Totolink dan tiga lampu indikator sys, 5G dan 2,4G, di bagian atas dan bawah terdapat lubang-lubang untuk udara, dan di bagian belakang terdapat lubang untuk power, tombol reset dan 1 port WAN di sebelahnya lagi terdapat 4 port LAN, untuk port WAN dan LAN nya disertakan juga lampu indikator, keren gan...

Setelah dinyalakan terdapat dua SSID, yaitu SSID untuk 2,4 Ghz dan SSID untuk yang 5Ghz, namun sayangnya saya tidak mempunyai handphone atau perangkat yang support 5Ghz, jadi untuk mencobanya saya hanya bisa yang 2,4 Ghz nya saja.

Untuk default Gateway nya sudah menggunakan DNS Name : http://itotolink.net atau kalau menggunakan IP : 192.168.0.1
Bawaan username dan password : admin




Dan untuk settingannya pun sangat mudah, tinggal next next seperti router-router yang lain, tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan mau di fungsikan buat apa.

Operation Mode nya cukup lengkap, antara lain :

> Gateway Mode = Mode ini untuk difungsikan sebagai Access Point / Pemancar
> Bridge Mode = Untuk menjembatani sinyal kabel dari Access Point utama
> Repeater Mode = Untuk memperluas sinyal wifi yang sudah ada
> WISP Mode = Untuk menangkap sinyal dan memancarkannya kembali

Kalau anda sudah pernah menggukan produk totolink sebelumnya pastinya tidak akan bingung, karena untuk menu-menunya hampir sama, mudah dan simpel.


Baca Juga :  Review Koneksi seamless@wifi.id di WMS Paket 20Mbps


Untuk jangkauan sinyalnya terbilang bagus, saya taruh di ruang depan, dan di kamar-kamar juga di ruang belakang rumah masih mendapatkan sinyal bagus, mungkin akan lebih bagus lagi jika menggunakan yang 5Ghz nya.

Jadi kesimpulannya untuk produk Totolink A830R ini, menurut saya sangat layak untuk di miliki, dengan harga 200ribuan saja sudah mendapatkan router dual band, juga desainya yang kotak minimalis sangat cocok di sandingkan di meja kerja, maupun di tempel di dinding ruang tamu anda.

Demikian sedikit ulasan tentang TOTOLINK A830R Wireless Dual Band Router Termurah, semoga bisa bermanfaat. Jika mungkin ada yang perlu di diskusikan, silahkan tuliskan saja di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungannya.

6 Comments

  1. Bisa nembak seamless@wifi.id gak gan?
    Tutorial ya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak support EAP PEAP, jadi gak bisa om...

      Delete
    2. Supaya bisa ada kah solusinya om?
      Open wrt, dd wrt,
      Kalau bisa mungkin om ad link untuk upgrade firmwarenya? 🙂

      Delete
    3. Solusinya pakai router yang support EAP PEAP, pakai Produk mikrotik atau ubiquiti.

      Delete
  2. Replies
    1. hp keluaran sekarang yg harganya 3jt ke atas pasti wifi nya sudah dualband, 2,4 Ghz dan 5 Ghz.

      Delete

Post a Comment