Cara Menggunakan Akun Seamless di Perangkat Mikrotik dan Di HP Android
Tiga Belas Net

Di kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing lagi cara menggunakan akun seamless di perangkat mikrotik dan di hp android, sebenarnya di blog ini sudah pernah di bahas, namun untuk peangkat router DD-WRT dan Mikrotik saja, dan tutorial yang sebelumnya saya menggunakan PC, untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan hp android untuk akses ke perangkat mikrotik nya. jadi supaya teman-teman lebih paham lagi, karena masih banyak yang mengirim chat whatsapp ke saya menanyakan hal ini.


Untuk postingan kali ini saya tidak akan menjelaskan apa itu akun seamless dan cara mendapatkan nya bagaimana, agan bisa membacanya di postingan saya sebelumnya :


Baca : Tutorial Menangkap WMS Wifi.id Seamless Menggunakan Mikrotik Router Board


Jika agan sudah paham dan mengerti apa itu akun seamless, maka langsung saja ke tutorialnya, oh iya tutorial ini biasanya untuk agan-agan yang sudah menggunakan akun seamless di mikrotiknya namun akun seamless tersebut habis masa nya, atau sudah tidak bisa konek lagi, maka agan harus mengganti dengan akun seamless yang baru, mungkin dulunya yang setting mikrotik nya pakai jasa orang, jadi agan tidak perlu repot-repot untuk menghubungi orang yang dulu nyetting, agan cukup simak cara berikut ini, pasti agan bisa mengatasinya sendiri.


Setting Akun Seamless di Perangkat Mikrotik

Siapkan terlebih dahulu akun seamless dan aplikasi Mikrotik di hp agan, kalau belum punya bisa download di Play Store,

Login dengan username dan password mikrotik agan,

Masuk ke Menu Wireless > Security Profile > Kalau sebelumnya sudah ada tinggal di edit profile yang sudah ada, selain default, Jika belum ada, agan bisa buat baru dengan menekan tombol + di bagian kanan bawah

GENERAL
Name : seamless baru (terserah mau dikasih nama apa), Mode : dynamic keys, Authentication Types : WPA EAP dan WPA2 EAP, Supplicant Identity : isi dengan username akun seamless agan, Management Protection : allowed 



RADIUS
Setelah di tab general sudah dibuat, kemudian geser ke tab radius dan silahkan pilih yes untuk MAC Authentication, MAC Accounting, dan EAP Accounting.


EAP
Selanjutnya ke tab EAP, dan pilih EAP Methods : PEAP, TLS Mode : dont verify certificate, Username : isi username akun seamless agan, Password : isi dengan password akun seamless agan.


Setelah setting di tab-tab di atas jangan lupa untuk tekan tombol centang atau simpan yang ada di kanan bawah agar settingan yang agan buat tersimpan.

Dan jangan lupa untuk menyesuaikan security di menu wlan yang untuk tangkap seamless, caranya ke menu Wireless > Wifi Interface > Wlan1 atau Wlan2 pilih yang digunakan untuk tangkap seamless > ke tab Wireless > cari Security Profile, nah tinggal pilih Security Profile yang sudah agan buat di atas.

Sampai disini sudah selesai, tinggal agan cek apakah sudah berhasil konek apa belum, agan bisa cek di menu Wireless > WiFi Interfaces, lihat Wlan yang untuk tangkap seamless sudah ada tanda (R) apa belum, jika sudah maka ada tanda R nya.




Menggunakan Akun Seamless di Hp Android

Menggunakan akun seamless di hp android tentunya lebih enak gan, lebih nyaman dibandingkan dengan agan menggukan akun wifi.id, karena untuk akun seamless cukup sekali atur nantinya tidak perlu atur-atur lagi seperti akun wifi.id yang harus login login lagi, asalkan akunnya masih aktif. dan auto konek jika agan kebetulan jalan-jalan ke Mall, atau pas di tempat-tempat umum yang tersedia SSID seamless@wifi.id.

Okey gan langsung saja ke caranya, oh iya jangan lupa siapkan dulu akun seamless nya, hehe....

Pastikan juga di tempat agan tersedia SSID seamless@wifi.id....

1. Masuk ke Pengaturan Hp Android agan, 
2. Masuk di menu WIFI, aktifkan wifi, dan pilih SSID seamless@wifi.id, 
3. Atur Metode EAP : PEAP, Otentikasi Tahap 2 : PAP, Sertifikat CA tidak usah di atur, Identitas : isi username akun seamless agan, Identitas Anonim : isi username akun seamless agan, dan Sandi : isi password atau kata sandi akun seamless agan.....





Demikian Cara Menggunakan Akun Seamless di Perangkat Mikrotik dan Di HP Android, Jika masih bingung silahkan berdiskusi di kolom komentar, Semoga bisa bermanfaat. Terimaksih sudah berkunjung.

6 Comments

  1. akun seamles cma buat di 1 hp saja ya.soalnya saya pke hp lain tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, satu akun seamless untuk satu perangkat atau satu mac address saja.

      Delete
  2. Sangat membantu soal saya jg paakai mikrotik yg disetting sama orang (bayar) jd pas aku habis bisa isi sendiri... terimakasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, semoga bermanfaat, terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  3. Harus masukan domain itu gimananya gan

    ReplyDelete

Post a Comment