Tp-Link CPE610 5GHz 300Mbps 23dBi Untuk PTP 3Km
Tiga Belas Net

Tp-Link CPE610 berjalan di frequesi 5GHz dengan membawa antena 23dBi dan bisa membawa bandwidth hingga 300Mbps sudah saya tes untuk PTP di jarak 3Km menembak Totolink CP900 sebagai access point pusat.

Tp-Link CPE610 saya pasang di ketinggian kira-kira 10meter dari permukaan tanah, dan untuk access point pusat saya menggunakan Totolink CP900 di ketinggian 22meter di tower.

Awalnya saya ragu, karena memang untuk PTP agar hasil maksimal di sarankan untuk satu produk dan satu tipe, katanya....

Nah berhubung Totolink CP900 sudah terpasang di atas tower, jadi saya pun memberanikan diri untuk mencoba di sisi client saya gunakan Tp-Link CPE610, apakah bisa ?




Tp-Link CPE610 yang saya beli dengan harga Rp.700.000 di salah satu toko online shopee, cukup mudah untuk merakitnya, di buku panduannya pun lengkap ada cara merakitnya juga.

Untuk settingannya sama persis dengan Tp-Link tipe-tipe yang untuk outdoor lainnya seperti Tp-Link CP220 yang kebetulan sudah pernah punya sebelumnya, jadi saya langsung mengerti dan paham apa-apa saja yang harus di setting agar alatnya bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk jarak 3Km rumah client yang akan saya pasang kebetulan melewati pemukiman padat dan banyak interferensi.
Berikut pointing jarak access point pusat dengan rumah client yang saya pasang Tp-Link CPE610 :


Untuk Settingan nya :
Default IP : 192.168.0.254
User Name : admin
Password : admin




Topologi yang saya gunakan PPPoE untuk user/client rumahan, dan untuk Tp-Link CPE610 nya saya atur di mode Client, kemudian untuk router di bawah saya gunakan Tenda F3 untuk dial PPPoE nya.

Untuk memaksimalkan Tp-Link CPE610 cukup mudah, hanya atur-atur sedikit saja di menu Wireless, Pilih Region nya Test Mode dan atur Antena di 23dBi kemudian Transmit Power nya atur di 25 dBm atau bisa sesuaikan saja dengan kondisi lokasi.




Untuk hasilnya bisa sobat lihat di gambar berikut :



Access Point pusat = Totolink CP900

Tp-Link CPE610 5GHz 300Mbps 23dBi Untuk PTP 3Km



Access Point client = TP-Link CPE610

Tp-Link CPE610 5GHz 300Mbps 23dBi Untuk PTP 3Km



Baca Juga : 

Kesimpulan : 

Dengan harga 700 ribuan, Tp-Link CPE610 menurut saya sangat bagus, perakitannya mudah, pemasangan di pipa pun mudah, dan yang paling penting sinyal yang di dapat sangat stabil, dan yang paling penting lagi gan, Tp-Link CPE610 bergaransi selama 3tahun, mantap kan ?.

Untuk kekurangannya sih saya belum menemukan, karena masih baru dipasang, hehe...


Demikian sedikit ulasan tentang Tp-Link CPE610 5GHz 300Mbps 23dBi Untuk PTP 3Km, Jika sobat sudah menggunakannya ataupun sedang penasaran mau menggunakan, silahkan berbagi pengalamannya di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bisa bermanfaat.


Post a Comment